08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

ANRI DAN BELANDA BEKERJASAMA MENOMINASIKAN ARSIP KARTINI SEBAGAI MOW

ANRI DAN BELANDA BEKERJASAMA MENOMINASIKAN ARSIP KARTINI SEBAGAI MOW ANRI DAN BELANDA BEKERJASAMA MENOMINASIKAN ARSIP KARTINI SEBAGAI MOW

08

Mar 23

ANRI DAN BELANDA BEKERJASAMA MENOMINASIKAN ARSIP KARTINI SEBAGAI MOW

Arsip Nasional RI - 08/03/23, Pada hari Rabu 08/03 Kepala ANRI melaksanakan rapat pembahasan Penominasian Arsip Kartini dalam register Memory of the World di ruang Rapat Basement Gedung C, ANRI. Hadir secara khusus dalam rapat ini adalah Dr. Roger Tol (Peneliti Senior dari Belanda), Prof. Dr.-Ing. Wardiman Djojonegoro (Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia pada tahun 1993-1998), Prof. Dr. Erwiza Erman, MA. (Peneliti Senior BRIN), Mukhlis PaEni selaku Ketua Dewan Pakar Komite Nasional MoW Indonesia dan para arsiparis Unit MoN-MoW.

 

Indonesia melalui ANRI bekerjasama dengan National Archieve Netherland (NAN) dan Leiden University Libraries (UBL) akan bersama menominasikan arsip Kartini dalam register Memory of the World, UNESCO pada November mendatang. Rapat ini merupakan rapat lanjutan guna membahas dan mempersiapkan segala keperluan dalam penominasian tersebut. Rapat menyepakati bahwa yang akan diajukan dalam penominasian adalah Surat-surat Kartini yang tersimpan di UBL, Arsip-arsip Kartini di NAN dan Arsip-arsip Kartini yang ada di ANRI antara lain Keputusan Presiden Pengangkatan RA Kartini sebagai Pahlawan Nasional disertai arsip pendukungnya.

 

Kerjasama penominasian bersama Memory of the World Indonesia dan Belanda bukanlah yang pertama kali, setelah sebelumnya pernah dalam penominasian Arsip VOC, Naskah La Galigo, Babad Diponegoro, dan Naskah Cerita Panji. Dan untuk persiapan penominasian kali ini direncanakan pada bulan Juli target tersusun draft tahap pertama formulir bisa diselesaikan dan didiskusikan hingga finalisasi Oktober mendatang. Penominasian Arsip Kartini sebagai Memory of the World merupakan usaha pelestarian dan perluasan akses kepada publik. Hal ini diharapkan dapat memberitahukan kepada dunia tentang munculnya peran kesetaraan gender di Indonesia yang memiliki signifikansi dunia.

( BEN )


Penulis : BEN
Editor : Nisaa

Bagikan

Views: 692