08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

ANRI dan Dispusip Kota Tangerang Bersinergi Membangun LARASKA

ANRI dan Dispusip Kota Tangerang Bersinergi Membangun LARASKA ANRI dan Dispusip Kota Tangerang Bersinergi Membangun LARASKA ANRI dan Dispusip Kota Tangerang Bersinergi Membangun LARASKA ANRI dan Dispusip Kota Tangerang Bersinergi Membangun LARASKA ANRI dan Dispusip Kota Tangerang Bersinergi Membangun LARASKA

18

Nov 22

ANRI dan Dispusip Kota Tangerang Bersinergi Membangun LARASKA

Kota Tangerang - 17/11/22, Kota Tangerang (17/11). Kamis pagi hujan mengguyur sebagian besar wilayah Kota Tangerang. Akan tetapi guyuran hujan sedari pagi tidak menyurutkan niat Satgas Kampung LARASKA Kota Tangerang untuk mengikuti bimbingan teknis perlindungan dan penyelamatan arsip vital keluarga. Bertempat di Aula Kecamatan Larangan, Kota Tangerang, sekira 50 orang Satgas Kampung Laraska dikukuhkan oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Tangerang, drs. Engkos Zarkasyi A., M.Si. 

Dalam sambutannya, Deputi Bidang Konservasi Arsip, Dr. Kandar, MAP menyampaikan apresiasi atas keberpihakan Pemerintah Kota Tangerang pada program LARASKA, dimana melalui program tersebut pemerintah dapat berkontribusi dalam melindungi hak keperdataan masyarakat dari dampak bencana. Pembentukan Satgas Kampung Laraska menunjukkan komitmen Pemerintah Kota Tangerang pada isu pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan perlindungan dan penyelamatan arsip vital keluarga. 

Salah satu peserta pelatihan mengatakan bahwa melalui pelatihan perlindungan dan penyelamatan arsip keluarga dia mampu melakukan langkah langkah yang diperlukan dalam upaya melindungi arsip vital keluarganya. Selain itu dengan dikukuhkannya Satgas Kampung Laraska dia juga percaya diri untuk menyampaikan materi yang telah diperolehnya kepada tetangga dan kerabat. Dengan penuh semangat, dia menjelaskan bagaimana dia akan melakukan identifikasi atas arsip vital keluarganya, kemudian melakukan pemilahan, pendataan, pengalihmediaan, hingga penyimpanannya. Semua mampu dijelaskannya dengan teratur dan runtut. Termasuk bagaimana dia akan mengenkasulasi arsip arsip milik keluarganya agar awet dan aman dari serangan hama kertas. 

Melalui program LARASKA (Layanan Restorasi Arsip Keluarga), Arsip Nasional Republik Indonesia berkomitmen untuk menyelamatkan arsip vital milik masyarakat dari dampak bencana. Selain itu untuk menyebarluaskan pemahaman akan pentingnya perlindungan dan penyelamatan arsip vital keluarga, ANRI akan terus bersinergi dengan Lembaga Kearsipan Daerah dengan menyelenggarakan bimbingan teknis mengenai isu tersebut. (sus)

( sus )


Penulis : sus
Editor : tk

Bagikan

Views: 814