08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Belajar Sejarah dan Arsip a la Sekolah Menengah Pertama Nasional Plus Pelita Insani

Belajar Sejarah dan Arsip a la Sekolah Menengah Pertama Nasional Plus Pelita Insani Belajar Sejarah dan Arsip a la Sekolah Menengah Pertama Nasional Plus Pelita Insani Belajar Sejarah dan Arsip a la Sekolah Menengah Pertama Nasional Plus Pelita Insani

22

Jan 24

Belajar Sejarah dan Arsip a la Sekolah Menengah Pertama Nasional Plus Pelita Insani

ANRI Gajahmada - 22/01/24, (Jakarta, 22/1/2024), Arsip merupakan salah satu sumber primer dari penulisan sejarah. Di samping itu, arsip juga merupakan memori kolektif bangsa yang memiliki urgensi untuk disosialisasikan kepada generasi selanjutnya sebagai inspirasi dan pembelajaran dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Berlandaskan konsiderasi tersebut, Sekolah Menengah Pertama Nasional Plus Pelita Insani melakukan karyawisata ke Pusat Studi Arsip Statis Kepresidenan (Pusdipres) yang berlokasi di Jalan Gajahmada No. 111, Jakarta Barat. Jumlah peserta kunjungan mecapai 90 orang yang terdiri atas 82 orang peserta didik dan 8 orang guru pendamping.

Pameran Tetap Presiden Pertama Ir. Sukarno merupakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk memberikan edukasi tentang kearsipan dan sejarah Bangsa Indonesia. Para pemandu yang merupakan arsiparis di lingkungan Pusdipres memaparkan mengenai konsep dari pameran tetap ini. Para pemandu kemudian melanjutkan materi pemaparannya mengenai Presiden Sukarno yang meliputi perjalanan hidup, karir politik, minat dan kebijakan pameran. Pasca pemanduan, para peserta diarahkan menuju ruang teater untuk melihat visualisasi dari sejarah perjalanan bangsa.

( OT )


Foto : Pusat Studi Arsip Statis Kepresidenan
Penulis : OT
Editor : sa

Bagikan

Views: 120