08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Bertukar Pengalaman, Dewan Eksekutif Organisasi Internasional Ini Kunjungi Direktorat Preservasi

Bertukar Pengalaman, Dewan Eksekutif Organisasi Internasional Ini Kunjungi Direktorat Preservasi Bertukar Pengalaman, Dewan Eksekutif Organisasi Internasional Ini Kunjungi Direktorat Preservasi Bertukar Pengalaman, Dewan Eksekutif Organisasi Internasional Ini Kunjungi Direktorat Preservasi Bertukar Pengalaman, Dewan Eksekutif Organisasi Internasional Ini Kunjungi Direktorat Preservasi

07

Nov 23

Bertukar Pengalaman, Dewan Eksekutif Organisasi Internasional Ini Kunjungi Direktorat Preservasi

Jakarta - (07/11/2023) Usai mengikuti Seminar Internasional “Audiovisual Archives Preservation Strategies” yang dilaksanakan pada Senin, 6 November 2023, Dewan Eksekutif Southeast Asia-Pacific Audiovisual Archive Association (SEAPAVAA) melakukan kunjungan ke beberapa unit kerja di lingkungan Direktorat Preservasi yaitu ke unit Penyimpanan Arsip, Unit Restorasi Arsip, Unit Digitasi dan Peningkatan Kualitas Arsip Digital, Unit Laboratorium dan Autentikasi Arsip, serta Unit Pengelolaan Arsip Digital.

Dalam kunjungannya di depot penyimpanan arsip audio visual, para dewan eksekutif SEAPAVAA melihat khazanah arsip film/video/rekaman suara/mikrofilm yang disimpan di ANRI. Adapun rincian jumlah khazanah audio visual yang disimpan di ANRI per Oktober 2023 berdasarkan Berita Acara Data Khazanah Arsip ANRI Nomor: KN.02.00/512/2023 tanggal 23 Oktober 2023 terdiri atas 59.055 reel arsip film, 55.469 kaset arsip rekaman suara, dan 27.506 kaset arsip video. Seluruh khazanah arsip dijaga pada suhu dan kelembapan sesuai dengan standar berdasarkan Peraturan Kepala ANRI Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pedoman Preservasi Arsip Statis, agar khazanah arsip statis terus terjaga kelestariannya. 

 Kunjungan dilanjutkan di unit Restorasi Arsip, serta Digitasi dan Peningkatan Kualitas Arsip Digital, dimana Dewan Eksekutif SEAPAVAA diperlihatkan cara restorasi dan digitasi arsip audio visual. Selanjutnya, kunjungan dilanjutkan ke Laboratorium dan Autentikasi Arsip, yang memperlihatkan beberapa kegiatan autentikasi arsip statis yang pernah dilakukan oleh ANRI. Dalam kunjungan terakhir di unit kerja Pengelolaan Arsip Digital, dewan diperlihatkan E-Depot ANRI.

Para anggota dewan eksekutif SEAPAVAA merasa antusias melihat berbagai khazanah arsip audio visual yang disimpan ANRI beserta dengan berbagai fasilitas yang dimiliki ANRI. Dewan Eksekutif SEAPAVAA dan pegawai ANRI saling bertukar pengalaman dan informasi terkait cara pelestarian arsip audio visual yang tepat.

( EJ/SR )


Penulis : EJ/SR
Editor : tk

Bagikan

Views: 230