08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Dewan Pakar MKB Verifikasi Arsip Museum Nyah Lasem

Dewan Pakar MKB Verifikasi Arsip Museum Nyah Lasem Dewan Pakar MKB Verifikasi Arsip Museum Nyah Lasem Dewan Pakar MKB Verifikasi Arsip Museum Nyah Lasem Dewan Pakar MKB Verifikasi Arsip Museum Nyah Lasem Dewan Pakar MKB Verifikasi Arsip Museum Nyah Lasem Dewan Pakar MKB Verifikasi Arsip Museum Nyah Lasem

07

Mar 24

Dewan Pakar MKB Verifikasi Arsip Museum Nyah Lasem

Lasem, Jawa Tengah - 07/03/24, Lasem, Jawa Tengah (07/03) – Dewan Pakar Memori Kolektif Bangsa (MKB), Singgih Tri Sulistiyono dan Asep Kambali, mengunjungi Museum Nyah Lasem. Kunjungan ini untuk melaksanakan verifikasi lapangan dalam menilai nominasi Arsip Museum Nyah Lasem: Jaringan Dagang Batik Lasem dan Peran Perempuan dalam Perjuangan Kemerdekaan (1900-1950). Arsip tersebut diajukan oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Rembang dan Museum Nyah Lasem dalam register MKB yang akan ditetapkan Mei mendatang. Turut hadir mendampingi Plt. Kepala ANRI, Imam Gunarto dan anggota sekretariat MKB.

Kegiatan diawali dengan penerimaan dan sambutan oleh Direktur Museum Nyah Lasem, Feysa Poetry yang hadir secara daring dari London dan Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Rembang, Achmad Sholchan. Pada sambutannya, Direktur Museum menyatakan bahwa apa yang dilaksanakan kawan-kawan museum untuk menjaga memori warga Lasem dan lebih jauh memori bangsa membutuhkan banyak dukungan dari berbagai pihak. Sementara, Sholchan menyatakan kebahagiaannya yang luar biasa dengan keberhasilan nominasi hingga dapat didatangi langsung oleh dewan pakar untuk dilaksanakan verifikasi.

Verifikasi dilaksanakan dengan memeriksa kesesuaian arsip dengan narasi yang diajukan dalam formulir. Dalam verifikasi ini hadir pakar yang diajukan dalam nominasi Agni Malagina sebagai Sinolog dan Periset Batik dan Arsip Batik. Rombongan verifikator memeriksa dengan detil arsip-arsip yang diajukan dalam nominasi dan menyaksikan suguhan koleksi-koleksi yang dimiliki oleh Museum. Kegiatan verifikasi dilanjutkan dengan audiensi dengan Bupati Rembang, Abdul Hafidz di kediamannya di Pribadinya di Kecamatan Pamotan, Rembang.

( AN )


Foto : Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kab. Rembang
Penulis : AN
Editor : sa

Bagikan

Views: 496