08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kalimantan Selatan Siap Menjadi Simpul Jaringan Mandiri SIKN

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kalimantan Selatan Siap Menjadi Simpul Jaringan Mandiri SIKN Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kalimantan Selatan Siap Menjadi Simpul Jaringan Mandiri SIKN Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kalimantan Selatan Siap Menjadi Simpul Jaringan Mandiri SIKN Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kalimantan Selatan Siap Menjadi Simpul Jaringan Mandiri SIKN Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kalimantan Selatan Siap Menjadi Simpul Jaringan Mandiri SIKN Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kalimantan Selatan Siap Menjadi Simpul Jaringan Mandiri SIKN

30

Nov 21

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kalimantan Selatan Siap Menjadi Simpul Jaringan Mandiri SIKN

Banjarmasin - 24/11/21, Banjarmasin, 24 Nopember 2021

Kunjungan tim SJIKN ANRI di Kalimantan Selatan diterima oleh Kabid. Pelayanan dan Pembinaan Perpustakaan beserta pejabat struktural dan fungsional lainnya yang mewakili Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kalimantan Selatan dalam rangkaian kunjungan sekaligus monitoring pelaksanaan SIKN di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Banjarmasin Kalimantan Selatan.

Saat ini Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan lagi fokus terhadap perkembangan dan implementasi teknologi di setiap sektor birokrasi yang ada dan mengharapkan seluruh jajarannya harus mempersiapkan diri menuju Kalimantan Selatan Mapan (Mandiri dan Terdepan), kata Wildan Akhyar saat menerima tim SJIKN.

Sangatlah tepat penyelenggaraan SIKN dan JIKN di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan saat ini yang sekaligus sebagai embrio era digital bagi Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dalam upaya memberikan layanan kepada masyarakat. Apalagi kehadiran tim SJIKN ANRI di Kalimantan Selatan ini dalam rangka monitoring dan evaluasi penyelenggaraan SIKN dan JIKN Dinas Perpustakaan dan Kearsipan menuju Simpul Jaringan Mandiri, lanjut Wildan.

Kehadiran tim SJIKN ANRI di Banjarmasin Kalimantan Selatan sekaligus mendorong Dinas Perpustakaan dan Kearsipan sebagai Simpul Jaringan Mandiri SIKN dan JIKN atas dasar keaktifan, jumlah informasi serta rutinitas input data yang selama ini dilakukan oleh pengelola atau petugas di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kalimantan Selatan, sambutan ketua tim SJIKN Hilman Rosmana. Selain SDM dan materi arsip hal yang sangat penting untuk bisa menjadi Simpul Jaringan Mandiri yaitu adanya kerjasama antara Dinas Perpustakaan dan Kearsipan dengan instansi terkait seperti Dinas Kominfo untuk mendukung infrastruktur serta jaringan di wilayah, lanjut Hilman. Dalam kesempatan itu tim SJIKN juga menjadwal untuk kunjungan dalam rangka koordinasi ke Dinas Kominfo yang berlokasi di komplek perkantoran Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan.

Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan evaluasi penyelenggaraan SIKN baik konten maupun petugas atau SDM pengelola oleh tim SJIKN yang dirangkai dengan sosialisasi SIKN dan pelatihan singkat operasional aplikasi kepada para fungsional serta pegawai yang baru bergabung di lingkungan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kalimantan Selatan.

Pada kunjungan kali ini, tim SJIKN juga berkesempatan bertemu dengan LKD yang datang konsultasi SIKN dan JIKN ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kalimantan Selatan seperti Kabupaten Tabalong dan Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Kesempatan seperti ini jarang ditemukan dan ini merupakan keberuntungan bagi kami dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tabalong datang ke Provinsi untuk konsultasi SIKN dan JIKN dan ternyata secara kebetulan ada tim SJIKN ANRI Pusat. Akhirnya kami bisa konsultasi langsung dengan tim SJIKN ANRI Pusat, kata Rahma ketua tim Kabupaten Tabalong. #tj

( #tj )


Penulis : #tj
Editor : Sitty Annisaa

Bagikan

Views: 1226