08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

DOP Serie 6 Jejak Presiden Indonesia: Eksplorasi Koleksi Foto Berharga Jacob Cass @koleksi_sejarah Indo

DOP Serie 6 Jejak Presiden Indonesia: Eksplorasi Koleksi Foto Berharga Jacob Cass @koleksi_sejarah Indo DOP Serie 6 Jejak Presiden Indonesia: Eksplorasi Koleksi Foto Berharga Jacob Cass @koleksi_sejarah Indo

26

Mar 24

DOP Serie 6 Jejak Presiden Indonesia: Eksplorasi Koleksi Foto Berharga Jacob Cass @koleksi_sejarah Indo

(Jakarta, 26/03/2024),Pada tanggal 26 Maret 2024, Pusat Studi Arsip Statis Kepresidenan menggelar Diskusi Online Pusdipres (DOP) seri 6 yang mengangkat judul, "Jejak Presiden Indonesia: Eksplorasi Foto Berharga Jacob Cass." Diskusi daring yang difasilitasi oleh Rini Rusyeni, menggunakan platform zoom dan kanal Youtube Arsip Nasional RI. Acara ini menjadi menarik karena menghadirkan Jacob Cass, seorang kolektor dan influencer media sosial berkewarganegaraan Amerika Serikat yang memiliki koleksi foto bersejarah bagi Indonesia.

Dalam diskusi yang diselenggarakan secara daring ini, Jacob Cass memberikan informasi tentang asal-usul koleksi fotonya. Ia menjelaskan bahwa foto yang dimiliki umumnya berasal dari media cetak di Amerika Serikat dan Eropa. Menariknya, perusahaan media cetak tersebut sebagian telah gulung tikar, dan sebagian lainnya akan bangkrut.

Tidak hanya itu, ketika ditanya oleh peserta diskusi, Cass membagikan alasan pribadinya dalam mengoleksi foto-foto presiden Indonesia. Ia mengatakan bahwa cinta dan minatnya terhadap sejarah Indonesia mendorongnya untuk mengumpulkan koleksi tersebut. Selain itu, Cass juga memaparkan proses yang ia tempuh dalam mendapatkan informasi foto yang akan dikoleksi. Langkah awal dengan mencari berbagai sumber dari internet kemudian mengantarkannya ke penjual atau pemilik foto.

Pada akhir sesi diskusi, Jacob Cass menunjukkan sikap terbuka terhadap potensi dialihmediakan koleksinya oleh ANRI demi kemajuan ilmu pengetahuan dan kesejarahan. Hal ini menggambarkan komitmennya dalam memastikan warisan sejarah ini tetap tersedia untuk penelitian dan penghargaan generasi mendatang.

Diskusi ini memberikan wawasan tentang pentingnya menyelamatkan dan melestarikan arsip bernilai sekunder, serta memberikan apresiasi terhadap peran Jacob Cass dalam merawat memori kolektif bangsa Indonesia.

( BS )


Foto : Pusdipres
Penulis : BS
Editor : tk

Bagikan

Views: 237