08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Ingin Jadi Daerah Rujukan, Wali Kota Jakarta Selatan dan Jajaran Serius Kelola Arsip

Ingin Jadi Daerah Rujukan, Wali Kota Jakarta Selatan dan Jajaran Serius Kelola Arsip Ingin Jadi Daerah Rujukan, Wali Kota Jakarta Selatan dan Jajaran Serius Kelola Arsip Ingin Jadi Daerah Rujukan, Wali Kota Jakarta Selatan dan Jajaran Serius Kelola Arsip Ingin Jadi Daerah Rujukan, Wali Kota Jakarta Selatan dan Jajaran Serius Kelola Arsip

13

Mar 24

Ingin Jadi Daerah Rujukan, Wali Kota Jakarta Selatan dan Jajaran Serius Kelola Arsip

Jakarta - 13/03/24, Wali Kota Jakarta Selatan, Munjirin beserta jajaran yang terdiri atas Sekretaris Kota, Kepala Suku Dinas, Kepala Suku Badan, Camat, dan Lurah se-wilayah Jakarta Selatan melaksanakan kunjungan kerja ke Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), sebagai bentuk keseriusan melaksanakan tertib arsip di seluruh perangkat daerah Jakarta Selatan, sehingga diharapkan dapat menjadi role model bagi daerah lain. Pelaksana Tugas Kepala ANRI, Imam Gunarto beserta Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama terkait menerima kunjungan kerja tersebut di Ruang Serbaguna Noerhadi Magetsari, Gedung C, lantai 2, ANRI.

Menurut Munjirin, kunjungan kerjanya beserta jajaran ini dilaksanakan sebagai komitmennya untuk serius dan peduli terhadap pengelolaan arsip di seluruh perangkat daerah Jakarta Selatan. “Kami nanti akan mengevaluasi kearsipan di seluruh Jakarta Selatan ini melalui lomba tertib arsip, di mana sebelumnya kita sudah melaksanakan pembinaan sampai dengan tingkat kelurahan. Kalau sudah baik semuanya, diharapkan Jakarta Selatan yang lokasinya juga sama dengan ANRI (ANRI pusat) ini dapat menjadi tempat belajar kearsipan bagi daerah lain. Bebas memilih belajar bisa di Sudin, Kecamatan, Kelurahan atau perangkat daerah lain, tidak harus ke balai kota, jika semuanya sudah bagus,” terang Munjirin.

Ditambahkan olehnya, melalui kunjungan ke ANRI, diharapkan jajarannya semakin paham dan dapat mengikuti pengelolaan arsip yang baik. “Jangan sampai kesulitan lagi mencari arsip. Apabila pengelolaan arsipnya sudah baik, maka pencarian arsip akan mudah ditemukan,” tambahnya.

Sementara itu, Imam Gunarto menyambut baik kunjungan kerja Wali Kota Jakarta Selatan dan jajaran. Menurutnya, ANRI siap membantu Jakarta Selatan untuk meningkatkan kualitas pengelolaan arsip. “Di sini ada Kedeputian Bidang Pembinaan Kearsipan yang dapat mendampingi dalam pelaksanaan pembinaan kearsipan. Tetapi yang perlu digarisbawahi dalam hal pengelolaan arsip, sesuai dengan amanat Presiden Jokowi pada peringatan Hari Kearsipan ke-50, yakni kita harus meninggalkan cara-cara lama dalam mengelola arsip. Teknologi digital, termasuk aplikasi SRIKANDI dapat dimanfaatkan dalam kegiatan kearsipan,” jelasnya.

Ditambahkan oleh Imam, bahwa penggunaan teknologi digital dalam kearsipan dapat memberikan dampak efisiensi, khususnya dalam hal penggunaan kertas seperti yang telah dirasakan oleh berbagai daerah yang telah menerapkan aplikasi SRIKANDI.

Setelah mengikuti rangkaian cara di Ruang Serbaguna Noerhadi Magetsari, Wali Kota Jakarta Selatan dan jajaran mengunjungi depot penyimpanan arsip statsi, tempat restorasi arsip, dan Diorama Sejarah Perjalanan Bangsa.

( tk )


Foto : Humas ANRI
Penulis : tk
Editor : sa

Bagikan

Views: 216