08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Inspektorat ANRI Selenggarakan Workshop Penguatan Pengendalian Melalui Maturitas SPIP Terintegrasi

Inspektorat ANRI Selenggarakan Workshop Penguatan Pengendalian Melalui Maturitas SPIP Terintegrasi Inspektorat ANRI Selenggarakan Workshop Penguatan Pengendalian Melalui Maturitas SPIP Terintegrasi Inspektorat ANRI Selenggarakan Workshop Penguatan Pengendalian Melalui Maturitas SPIP Terintegrasi Inspektorat ANRI Selenggarakan Workshop Penguatan Pengendalian Melalui Maturitas SPIP Terintegrasi

20

Jul 23

Inspektorat ANRI Selenggarakan Workshop Penguatan Pengendalian Melalui Maturitas SPIP Terintegrasi

Jakarta (20/7). Dalam rangka penguatan pengawasan serta penerapan manajemen risiko di lingkungan ANRI, Inspektorat Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) mengadakan workshop dengan tema “Penguatan Pengendalian Melalui Maturitas SPIP Terintegrasi Menuju Birokrasi Maju dan Kinerja Unggul”. Kegiatan workshop ini dilaksanakan pada hari Kamis, 20 Juli 2023, bertempat di Hotel RA Suite Simatupang, Jakarta Selatan. Workshop ini dilaksanakan secara hybrid, baik dilokasi workshop langsung maupun melalui media daring Zoom Meeting. Adapun workshop ini dihadiri oleh para pegawai yang berperan sebagai anggota Kelompok Kerja (Pokja) Penguatan Pengawasan, Penguatan Akuntabilitas, Penataan Tata Laksana dan Penguatan Sumber Daya Manusia di unit kerjanya, pegawai di bagian perencanaan, kepegawaian hingga auditor di Inspektorat ANRI. Workshop ini juga dihadiri oleh pegawai di instansi K/L lain seperti dari Kemenkopolhukam, KemenPPPA dan Kemenpora.

Workshop ini diselenggarakan dengan tujuan untuk menguatkan pemahaman terkait proses bisnis penilaian maturitas SPIP Terintegrasi, proses penilaian dan tahapan dalam pelaksanaan implementasi SPIP Terintegrasi di setiap unit kerja di lingkungan ANRI. Dalam sambutannya, Syaifuddin selaku Inspektur ANRI menyampaikan agar kegiatan ini dapat dilakukan secara terus menerus untuk meningkatkan implementasi SPIP Integrasi di seluruh unit kerja ANRI.

Workshop ini juga dihadiri oleh Rini Agustiani selaku Sekretaris Utama ANRI. Dalam arahannya, Rini menyampaikan bahwa dalam penilaian SPIP ini diharapkan ANRI bisa mencapai target skor 3,5 yang disertai dengan peningkatan kapabilitas APIP berupa kontribusi dalam perbaikan tatakelola manajemen risiko hingga pengendalian internal.

Kegiatan workshop ini menghadirkan tiga narasumber dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) yaitu Dikdik Sadikin (Direktur Pengawasan Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Kebudayaan), Hendro Wibowo (Auditor Muda) dan Dinar Irmawati (Auditor Pertama).

Kegiatan workshop dibagi menjadi tiga sesi. Pada sesi pertama membahas mengenai overview dari Penilaian Maturitas SPIP Terintegrasi. Di sesi kedua membahas mengenai proses bisnis dan proses Penilaian Maturitas SPIP Terintegrasi. Dan pada sesi ketiga membahas tentang pengisian kertas kerja Penilaian Maturitas SPIP Terintegrasi. Dalam kegiatan workshop ini juga dilakukan sesi tanya jawab bagi peserta workshop baik yang hadir secara langsung maupun yang mengikuti secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting.

Dari hasil kegiatan ini diharapkan setiap unit kerja menindaklanjuti dengan melakukan penilaian pada masing-masing unit kerja dengan melibatkan kelompok kerja yang telah dibentuk sebelumnya dan menjadi dasar Penilaian Maturitas SPIP Terintegrasi di lingkungan ANRI Tahun 2023

( MOY )


Penulis : MOY
Editor : tk

Bagikan

Views: 523