08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Kepala ANRI Laksanakan Kunjungan Kerja Kearsipan di Cilacap

Kepala ANRI Laksanakan Kunjungan Kerja Kearsipan di Cilacap Kepala ANRI Laksanakan Kunjungan Kerja Kearsipan di Cilacap Kepala ANRI Laksanakan Kunjungan Kerja Kearsipan di Cilacap Kepala ANRI Laksanakan Kunjungan Kerja Kearsipan di Cilacap Kepala ANRI Laksanakan Kunjungan Kerja Kearsipan di Cilacap Kepala ANRI Laksanakan Kunjungan Kerja Kearsipan di Cilacap Kepala ANRI Laksanakan Kunjungan Kerja Kearsipan di Cilacap Kepala ANRI Laksanakan Kunjungan Kerja Kearsipan di Cilacap

08

Dec 21

Kepala ANRI Laksanakan Kunjungan Kerja Kearsipan di Cilacap

Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Imam Gunarto melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, 6 Desember 2021. Kunker di Cilacap diawali dengan meninjau langsung Segara Anakan yang diharapkan arsip Segara Anakan berpotensi dapat diajukan sebagai arsip Memori Kolektif Bangsa (MKB).

Segara Anakan merupakan sebuah laguna luas yang terletak di pantai selatan Pulau Jawa di perbatasan antara Provinsi Jawa Barat dengan Jawa Tengah. Segara Anakan merupakan laguna di antara Pulau Jawa dan Pulau Nusakambangan, Kabupaten Cilacap. Kawasan Segara Anakan merupakan tempat bertemunya 3 (tiga) sungai besar, yaitu Sungai Citanduy, Sungai Cibereum dan Sungai Cikonde serta sungai-sungai kecil lainnya.

Segara Anakan merupakan kawasan perairan yang unik, karena didominasi hamparan hutan mangrove yang sangat luas. Tempat ini merupakan salah satu laboratorium alam bagi para peneliti dalam dan luar negeri dari aneka disiplin ilmu.

Pada kesempatan ini, Kepala ANRI, Imam Gunarto beserta jajaran dengan didampingi oleh pejabat setempat berkesempatan singgah di Kampung Laut yang merupakan salah satu perkampungan di wilayah Segara Anakan. Setelah singgah di Kampung Laut, Imam Gunarto beserta rombongan melihat hamparan hutan mangrove dan mendengarkan langsung perkembangan wilayah Segara Anakan dari penduduk setempat.

Imam Gunarto berharap kepada penduduk dan pejabat setempat untuk mendukung penuh arsip Segara Anakan sebagai Memori Kolektif Bangsa, agar keberadaan Segara Anakan ini dapat menjadi proses pembelajaran bagi generasi mendatang.

Setelah meninjau Segara Anakan, Imam Gunarto mengunjungi Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Cilacap untuk melihat langsung arsip-arsip Segara Anakan.

Pada hari berikutnya, Imam Gunarto beserta jajaran mengunjungi Desa Bulupayung Kecamatan Kesugihan, Cilacap di mana desa tersebut merupakan Desa Terbaik I Tingkat Provinsi Jawa Tengah dalam Pengelolaan Arsip. Di desa ini, Imam Gunarto memberikan bantuan peralatan kearsipan berupa lemari arsip, boks arsip, & folder arsip sebagai sarana pendukung untuk mengelola arsip di desa.

Agenda kunjungan kerja terakhir, Imam Gunarto beserta tim melakukan audiensi dengan Bupati Cilacap Tatto Suwarto
Pamuji. Pada kesempatan ini, Imam Gunarto menyampaikan maksud dan tujuan hadir di Kabupaten Cilacap ini. Beberapa hal yang disampaikan oleh Imam Gunarto diantaranya mengenai pendalaman program Tahun 2022 seperti tertib arsip dan memori kolektif bangsa.

Turut hadir Anggota Komisi II DPR RI, Tetty
Rohatiningsih, Kepala BKN, Bima Haria
Wibisana, dan Deputi Bidang Kajian Kebijakan dan Inovasi Administrasi Negara LAN, Tri Widodo Wahyu Utomo.

(is)

( AM/IS )


Penulis : AM/IS
Editor : Sitty Annisaa

Bagikan

Views: 1058