08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

KHAZANAH ARSIP CIREBON DAPAT DIGUNAKAN SEBAGAI RUJUKAN REVITALISASI

KHAZANAH ARSIP CIREBON DAPAT DIGUNAKAN SEBAGAI RUJUKAN REVITALISASI

12

Jul 12

KHAZANAH ARSIP CIREBON DAPAT DIGUNAKAN SEBAGAI RUJUKAN REVITALISASI

Menko Kesra, HR. Agung Laksono didampingi Kepala Arsip Nasional M. Asichin dan Kepala BKKBN Sugiri Syarief mengadakan kunjungan kerja  ke Kabupaten Cirebon Sabtu 28 Juli 2012. Kunjungan diterima oleh Bupati Cirebon Drs Dedy Supardi dan bertemu dengan berbagai elemen masyarakat di Pendopo Bupati. Hadir pula dalam penyambutan Sultan Kasepuhan Cirebon Sultan Sepuh XIV PRA Arief Natadiningrat.

Dalam kunjungannya Menko Kesra  memberikan bantuan 55 Milliar rupiah yang diserahkan secara simbolis kepada Bupati Cirebon untuk dana revitalisasi. Agung Laksono mengatakan "Revitalisasi ini amanat Undang-Undang No.11 tahun 2010 mengenai cagar budaya”. Cirebon sangat potensial menjadi daerah pariwisata karena memiliki empat keraton yaitu Kasepuhan, Kanoman, Kacirebonan dan Kaprabonan. Revitalisasi dimulai bertahap dan direncanakan rampung dalam waktu dua tahun. Revitalisasi bertujuan guna mendorong wisata religi, wisata budaya, dan perekonomian masyarakat sekitar

Menko Kesra HR. Agung Laksono (tengah) dalam kunjungan kerja ke Cirebon didampingi Kepala ANRI M. Asichin (paling kanan) dan Kepala BKKBN Sugiri Syarief (paling kiri)

 

Selain itu diserahkan pula  paket bantuan sosial, kesehatan yang antara lain berupa peralatan elektronik, bantuan Bidan KIT dan Poliklinik Set, Penjernih Air dan lainnya. Arsip Nasional RI dalam kesempatan ini menyerahkan  beberapa arsip dan foto bersejarah antara lain:
1.    Foto Masjid Kasepuhan Cirebon Tahun 1900-an
2.    Surat Peryataan Peralihan Kekuasaan dari Pengeran Sultan Zopo (Sepuh) Kepada Arya Adiwidjaya dan Pangeran Dipati tanggal 4 Agustus 1699. Ditandatangani oleh Gubernur Jenderal Willem Van Outhoom dengan pihak Keraton Cirebon yang diwakili oleh Arya Adiwidjaja (Anak Pertama), Pangeran Dipati (Anak Kedua), Panembahan (Anak Ketiga) dan Sultan Anom (Anak keempat) disertai dengan pembagian wilayah masing-masing.
3.    Foto Pintu Gerbang Pure Kraton tahun 1900-an
4.    Foto Balai Kota Cirebon tahun 1900-an
5.    Gedung DPR tahun 1900-an

Guna membantu revitalisasi Kepala Arsip Nasional RI menjajikan untuk membantu dalam hal akses khasanah arsip yang berkenaan dengan Cirebon.


Bagikan

Views: 2778