08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Pameran Arsip : Jejak Erupsi Gunung Api di Jawa Timur dan restorasi arsip yang terdampak bencana

Pameran Arsip : Jejak Erupsi Gunung Api di Jawa Timur dan restorasi arsip yang terdampak bencana Pameran Arsip : Jejak Erupsi Gunung Api di Jawa Timur dan restorasi arsip yang terdampak bencana Pameran Arsip : Jejak Erupsi Gunung Api di Jawa Timur dan restorasi arsip yang terdampak bencana Pameran Arsip : Jejak Erupsi Gunung Api di Jawa Timur dan restorasi arsip yang terdampak bencana Pameran Arsip : Jejak Erupsi Gunung Api di Jawa Timur dan restorasi arsip yang terdampak bencana

04

Oct 22

Pameran Arsip : Jejak Erupsi Gunung Api di Jawa Timur dan restorasi arsip yang terdampak bencana

Lumajang - 26/09/22, Lumajang, Jaaw Timur (30/09) - Arsip Nasional Republik Indonesia bekerja sama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur dan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Lumajang menyelenggarakan pameran arsip “Jejak Erupsi Gunung Api di Jawa Timur” dan restorasi arsip yang terdampak bencana dari tanggal 27 September sampai dengan 6 Oktober 2022 di galeri perpustakaan Mula Malurung, Kabupaten Lumajang – Jawa Timur.

Terdapat 90 foto/arsip diekspose dalam pameran tersebut dan 433 lembar arsip turunan buku Letter C dari kalurahan Tempeh Tengah kecamatan Tempeh kabupaten Lumahang yang berhasil direstorasi. Kegiatan restorasi arsip ini bertujuan untuk memastikan hak keperdataan rakyat terkait hak atas tanah yang tercatat pada buku Letter C di kalurahan Tempeh Tengah tetap terjamin. Rangkaian kegiatan pameran arsip mengingatkan kembali bahwasanya sejarah kebencanaan gunung api yang ada di Jawa Timur sudah ada sejak dahulu. Bencana gunung api merupakan fenomena yang akan terus berdampingan dengan kita. Arsip merekam ingatan jangka panjang, membantu membangun perencanaan yang berkualitas, serta pembuatan keputusan dan tindakan dengan memberikan keberlangsungan akses bagi pengetahuan dan perspektif sejarah. Arsip dapat membantu menemukan Langkah yang tepat untuk menentukan kebijakan pemerintah daerah terkait dengan mitigasi bencana.

( St )


Penulis : St
Editor : tk

Bagikan

Views: 920