08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Peduli Arsip, Tim Laboratorium ANRI Kunjungi Dispusip DKI Jakarta

Peduli Arsip, Tim Laboratorium ANRI Kunjungi Dispusip DKI Jakarta Peduli Arsip, Tim Laboratorium ANRI Kunjungi Dispusip DKI Jakarta Peduli Arsip, Tim Laboratorium ANRI Kunjungi Dispusip DKI Jakarta Peduli Arsip, Tim Laboratorium ANRI Kunjungi Dispusip DKI Jakarta Peduli Arsip, Tim Laboratorium ANRI Kunjungi Dispusip DKI Jakarta Peduli Arsip, Tim Laboratorium ANRI Kunjungi Dispusip DKI Jakarta

27

Nov 23

Peduli Arsip, Tim Laboratorium ANRI Kunjungi Dispusip DKI Jakarta

Jakarta, 27/11/2023 - Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) sebagai Lembaga Kearsipan Nasional memiliki tanggung jawab untuk melestarikan arsip statis sebagi bukti Memori Kolektif Bangsa. Salah satu cara yang dilakukan untuk melestarikan arsip statis yaitu melalui tindakan preservasi. Tindakan preservasi arsip statis dilakukan melalui kegiatan penyimpanan, restorasi, digitisasi, serta laboratorium dan autentikasi arsip. Dalam hal laboratorium dan autentikasi arsip, diperlukan dukungan sarana dan prasarana pengujian yang memadahi. Terkait sarana dan prasarana pengujian laboratorium, Direktorat Preservasi ANRI melakukan Benchmarking Sarana Penyimpanan Arsip Statis di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi (Dispusip) DKI Jakarta.

Kunjungan tim laboratorium ANRI diterima oleh Ari Imansyah selaku Sub. Koordinator Urusan Akuisisi, Pengolahan, dan Pelestarian Arsip Statis, dan Agus Suherman selaku Sub. Koordinator Urusan Pengelolaan Arsip Dinamis. Tim menyampaikan tujuan kunjungan untuk mengetahui sarana penyimpanan arsip statis yang digunakan di DISPUSIP DKI Jakarta.

Selanjutnya, tim laboratorium ANRI diantar berkeliling ke depot penyimpanan arsip statis untuk melihat sarana-sarana yang digunakan untuk menyimpan arsip statis serta melihat unit kerja digitisasi dan restorasi arsip di Dispusip DKI Jakarta.

Pada kunjungan ini, tim laboratorium ANRI mendapatkan pengalaman baru yaitu dapat melihat tempat penyimpanan arsip statis menggunakan kardex. Tim banyak melakukan diskusi dengan memberikan saran serta masukan untuk perbaikan dan kemajuan depot penyimpanan Dispusip DKI Jakarta. Melakukan kunjungan seperti ini dapat memudahkan tim mengevaluasi dengan melihat langsung depot dan sarana penyimpanan arsip statis. Harapannya dari kunjungan ini dapat menjadi evaluasi bagi Dispusip DKI Jakarta agar dapat meningkatkan upaya dalam pelestarian arsip statis.

( EJ/SR )


Penulis : EJ/SR
Editor : tk

Bagikan

Views: 497