08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Pusdipres Menelusur Informasi dan Berkreasi Ke Perpustakaan Proklamator Bung Karno

Pusdipres Menelusur Informasi dan Berkreasi Ke Perpustakaan Proklamator Bung Karno Pusdipres Menelusur Informasi dan Berkreasi Ke Perpustakaan Proklamator Bung Karno Pusdipres Menelusur Informasi dan Berkreasi Ke Perpustakaan Proklamator Bung Karno Pusdipres Menelusur Informasi dan Berkreasi Ke Perpustakaan Proklamator Bung Karno Pusdipres Menelusur Informasi dan Berkreasi Ke Perpustakaan Proklamator Bung Karno

11

Jul 23

Pusdipres Menelusur Informasi dan Berkreasi Ke Perpustakaan Proklamator Bung Karno

Blitar – 11/7/23, Pusat Studi Arsip Statis Kepresidenan (Pusdipres) melalui Kelompok Kerja Akuisisi dan Pengolahan melaksanakan Kegiatan Penelusuran Sumber dan Referensi dalam rangka Penyusunan Guide Arsip Statis Sukarno dan Perkembangan Kemaritiman ke Perpustakaan Proklamator Bung Karno (PPBK) yang berlokasi di Kota Blitar, Provinsi Jawa Timur. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Widhi S Putro, Octavia S, M. Tama Bara Sakti, Hanif A Rahman, Rifa F Salsabela dan Wahyu S Budi.

Tim penelusur di terima oleh Kepala UPT PPBK, Ibu dan Pustakawan di llingkungan PPBK, Bapak Budi. Ketua Tim Akuisisi dan Pengolahan, Bapak Widhi S Putro menyampaikan terima kasih atas penerimaan tim penelusur di PPBK. Diharapkan agar dari kunjungan ini dapat diperoleh informasi terkait dengan penyusunan Guide Arsip Statis Sukarno dan Perkembangan Kemaritiman. Selain itu juga diharapkan masih terjalin koordinasi dengan PPBK terkait dengan konsep GLAM (Galleries Libraries Archives Museums) dari arsip kepresidenan sehingga dapat memberikan akses dan informasi yang komprehensif kepada para pengguna. Sesi selanjutnya dilanjutkan dengan sambutan dari Ibu Nunik. Dalam sambutannya disampaikan harapan agar dapat saling melengkapi koleksi. Di samping itu, Ibu Nunik menyampaikan jumlah koleksi tentang Sukarno yang berkisar 6.000. Pada sesi berikutnya adalah pemaparan dari Bapak Budi terkait dengan latar belakang dan sejarah dari pendirian PPBK. Dari hasil penelusuran, tim memperoleh beberapa referensi terkait penyusunan guide arsip statis. Selain itu disampaikan program Jaket (Jaringan Kabupaten/Kota Tapak Sejarah Bung Karno) yang mensinkronisasikan informasi yang terkait dengan Sukarno dan diharapkan Arsip Nasional RI dapat menjadi turut bagian dari program ini.

Agenda penelusuran kemudian dilanjutkan dengan pembuatan konten di areal pemakaman Presiden Sukarno. Tim penelusur membuat konten terkait dengan prosesi pemakaman Presiden Sukarno di Blitar. Konten ini dibuat dalam rangka diseminasi informasi arsip Kepresidenan yang akan diunggah dalam program Jasa (Jejak Sejarah) Presiden. Sahabat arsip penasaran? Tunggu konten kami di media sosial ANRI!

 

( OT )


Penulis : OT
Editor : tk

Bagikan

Views: 426