08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Pusdipres Menelusur Informasi dan Inspirasi Ke Museum Kepresidenan Republik Indonesia Balai Kirti

Pusdipres Menelusur Informasi dan Inspirasi Ke Museum Kepresidenan Republik Indonesia Balai Kirti Pusdipres Menelusur Informasi dan Inspirasi Ke Museum Kepresidenan Republik Indonesia Balai Kirti Pusdipres Menelusur Informasi dan Inspirasi Ke Museum Kepresidenan Republik Indonesia Balai Kirti Pusdipres Menelusur Informasi dan Inspirasi Ke Museum Kepresidenan Republik Indonesia Balai Kirti Pusdipres Menelusur Informasi dan Inspirasi Ke Museum Kepresidenan Republik Indonesia Balai Kirti Pusdipres Menelusur Informasi dan Inspirasi Ke Museum Kepresidenan Republik Indonesia Balai Kirti

14

Mar 23

Pusdipres Menelusur Informasi dan Inspirasi Ke Museum Kepresidenan Republik Indonesia Balai Kirti

Museum Kepresidenan Republik Indonesia Balai Kirti - 14/03/23, Bogor – 14/3/23, Pusat Studi Arsip Statis Kepresidenan (Pusdipres) melalui Kelompok Kerja Akuisisi dan Pengolahan melaksanakan Kegiatan Penelusuran Sumber dan Referensi dalam rangka Penyusunan Guide Arsip Statis Sukarno dan Kemaritiman ke Museum Kepresidenan Republik Indonesia Balai Kirti yang berlokasi di Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Widhi Setyo Putro, Octavia S, M. Tama Bara Sakti, dan Hanif Aulia Rahman yang merupakan arsiparis di lingkungan Pusdipres.

Kegiatan penelusuran sumber dan referensi dilaksanakan oleh tim penelusur di Perspustakaan Museum Kepresidenan Republik Indonesia Balai Kirti. Dari penelusuran tersebut, tim menemukan buku-buku yang pernah dibaca oleh Presiden Sukarno. Buku-buku tersebut dalam Bahasa Belanda dan Jerman. Tim menemukan beberapa keunikan pada buku-buku tersebut, seperti terdapat batang sapu lidi, sepotong kertas dan sebagainya yang digunakan oleh Presiden Sukarno sebagai pembatas buku. Selain itu, Presiden Sukarno membubuhkan tanda tangannya pada buku yang telah dibaca.

Benchmarking Museum Kepresidenan Republik Indonesia Balai Kirti merupakan agenda kunjungan yang berikutnya. Tim mengobservasi tata letak penyajian memorabilia, fasilitas museum, dan informasi terkait para presiden. Berdasarkan hasil observasi, terdapat fasilitas kids corner yang mengajak anak-anak usia pra-sekolah untuk mengenal lebih dekat dengan para Presiden. Selain itu terdapat papan informasi dalam tulisan Braille. Di akhir visitasi, tim penelusur memperoleh Souvenir dan sebuah buku yang diberikan oleh Kepala Museum Kepresidenan Republik Indonesia Balai Kirti, Ibu Linda.

( TimPSASK )


Penulis : TimPSASK
Editor : tk

Bagikan

Views: 939