08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Pusdipres Menelusur Jejak Kelahiran Sukarno di Kota Surabaya

Pusdipres Menelusur Jejak Kelahiran Sukarno di Kota Surabaya Pusdipres Menelusur Jejak Kelahiran Sukarno di Kota Surabaya Pusdipres Menelusur Jejak Kelahiran Sukarno di Kota Surabaya Pusdipres Menelusur Jejak Kelahiran Sukarno di Kota Surabaya

13

Jul 23

Pusdipres Menelusur Jejak Kelahiran Sukarno di Kota Surabaya

Surabaya, Jawa Timur - 13/07/23, Surabaya – 13/7/23, Menelusur jejak sejarah dari Presiden Sukarno, tidak bisa terlepas dari peristiwa kelahiran dari putra sang fajar. Meskipun demikian, terdapat perbedaan pendapat di masyarakat terkait dengan lokasi kelahiran dari Presiden Sukarno. Sebagian berpendapat di Blitar dan Sebagian yang lain bependapat bahwa Presiden Sukarno lahir di Surabaya. Perbedaan pendapat tersebut menjadi konsiderasi Pusat Studi Arsip Statis Kepresidenan (Pusdipres) melalui Tim Kerja Akuisisi dan Pengolahan melakukan penelusuran arsip terkait kelahiran dari Presiden Sukarno yang dilaksanakan di Ruang Baca Arsip Nasional RI yang berlokasi di Jalan Ampera Raya No. 7, Jakarta Selatan. Dari hasil penelusuran tersebut, diperoleh informasi bahwa Presiden Sukarno lahir di Surabaya.

Penelusuran lebih lanjut dilakukan oleh tim penelusur di Kota Surabaya. Tim penelusur yang terdiri atas Widhi S Putro, Octavia S, M. Tama Bara Sakti, Hanif A Rahman, Rifa F Salsabela dan Wahyu S Budi. didampingi oleh Bapak FX Domini BB Hera yang merupakan Dosen dari Universitas Ciputra, Surabaya. Berdasarkan informasi yang dipaparkan oleh Bapak FX Domini BB Hera, Jalan Pandean IV No. 40, Peneleh, Surabaya, Jawa Timur merupakan kluster dari wilayah diaspora masyarakat Bali. Selain itu, di areal tersebut juga terdapat areal pemakaman Belanda. Pada rumah kelahiran Presiden Sukarno, terdapat beberapa fitur yang memudahkan para pengunjung untuk mendapatkan informasi terkait registrasi pengunjung, panel informasi mengenai kedua orang tua Presiden Sukarno, pameran audio-visual dan interaksi infografis mengenai Presiden Sukarno. Tim penelusur juga dipandu oleh pemandu yang bernama Bapak Deka. Bapak Deka kemudian menginformasikan bahwa saat ini sedang menyusun pameran terkait Presiden Sukarno dan mengharapkan kerja sama dengan Pusdipres terkait program tersebut. Pasca penelusuran dan pemanduan, tim penelusur kemudian membuat konten terkait dengan kelahiran Presiden Sukarno. Sahabat arsip penasaran? Tunggu konten kami di media sosial Arsip Nasional RI.

( OT )


Penulis : OT
Editor : tk

Bagikan

Views: 774