08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Rakornis Bidang Perpustakaan dan Kearsipan Se-Aceh Tahun 2023

Rakornis Bidang Perpustakaan dan Kearsipan Se-Aceh Tahun 2023 Rakornis Bidang Perpustakaan dan Kearsipan Se-Aceh Tahun 2023 Rakornis Bidang Perpustakaan dan Kearsipan Se-Aceh Tahun 2023

15

Mar 23

Rakornis Bidang Perpustakaan dan Kearsipan Se-Aceh Tahun 2023

Banda Aceh - 15/03/23, Banda Aceh, 15/3/2023 –  Deputi Bidang Konservasi Arsip - Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) didampingi oleh Kepala Balai Arsip Statis dan Tsunami (BAST) menghadiri Rapat Koordinasi dan Sinkronisasi Program Kegiatan Perpustakaan dan Kearsipan antara Pusat, Provinsi dan Kabupaten/Kota di Grand Arabia Hotel (15/03). Kegiatan ini dilaksanakan pada 14 -17 Maret 2023.

Rangkaian kegiatan dibuka langsung oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh (DPKA), Edi Yandra. Edi memaparkan tentang rencana peluncuran Aplikasi Srikandi yang ditunda setelah lebaran nanti untuk LKD Kabupaten/Kota. Ia berharap aplikasi Srikandi sudah diterapkan pada seluruh LKD Provinsi Aceh pada tahun 2024 nanti.

Kegiatan berikutnya dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Deputi Bidang Konservasi Arsip ANRI, Kandar, tentang  “Menjaga Memori Membangun Peradaban Bangsa". Dalam penyampaiannya, Kandar menekankan pernyataan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo tentang pentingnya menjaga arsip dan data, karena data merupakan harta bagi negara.

Kandar juga menghimbau agar arsiparis senantiasa rajin mengikuti perkembangan zaman dan belajar ilmu yang baru. Menurutnya, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi akan menjadi seleksi alam terhadap arsiparis yang malas menambah ilmu dan keterampilan lainnya.

Menutup materi, Kandar menyampaikan kepada seluruh peserta Rakornis agar kolaborasi arsiparis dengan perkembangan teknologi informasi terus terjalin dengan kuat karena dua hal tersebut tidak dapat berjalan sendiri dan harus berjalan beriringan.

( alf/wn )


Penulis : alf/wn
Editor : tk

Bagikan

Views: 613