08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Rapat konsinyering Penyusunan Inventaris Departement van Binnenlandsch Bestuur: Seri Verbaal

Rapat konsinyering Penyusunan Inventaris Departement van Binnenlandsch Bestuur: Seri Verbaal Rapat konsinyering Penyusunan Inventaris Departement van Binnenlandsch Bestuur: Seri Verbaal

08

Jun 23

Rapat konsinyering Penyusunan Inventaris Departement van Binnenlandsch Bestuur: Seri Verbaal

Jakarta - 08/06/23, Pada hari Kamis, 8 Juni 2023, Kelompok Substansi Pengolahan Arsip III, mengadakan kegiatan rapat konsinyering di Gran Melia Hotel, Kuningan, Jakarta. Judul kegiatan konsinyering tersebut ialah Pembahasan Penyusunan Inventaris Departement van Binnenlandsch Bestuur: Seri Verbaal. Kegiatan ini dihadiri oleh 30 peserta, baik dari dalam maupun luar Direktorat Pengolahan. Konsinyering juga dihadiri oleh peserta dari Kementerian Dalam Negeri karena Departement van Binnenlandsch Bestuur merupakan cikal bakal dari Kementerian Dalam Negeri saat ini. 

Rapat dibuka oleh Direktur Pengolahan pada pukul 09.00 WIB yang menyampaikan strategi pengolahan arsip Departement van BB Verbaal, yaitu identifikasi arsip dengan jumlah kurang lebih 1.800 meter dan media konvensional, penyusunan peta jalan mulai tahun 2015 (10 tahun penyelesaian pengolahan), akselerasi penyelesaian pengolahan arsip di tahun 2023 (Verbaal, Afdelingen, Grote bundel dan Toegangen), dan integrasi informasi arsip (akselerasi penyelesaian pengolahan, dengan memperhatikan keterbatasan sumber daya dan sarpras).

Rapat konsinyering ini mengundang satu orang narasumber, Dr. Mohammad Iskandar, M.Hum, beliau merupakan sejawaran UI yang cukup banyak menghasilkan karya tulis terkait sejarah zaman Hindia Belanda. Rapat difokuskan pada pembahasan sejarah Departement van Binnenlandsch Bestuur dan beberapa pencipta arsip yang muncul pada saat periode Republik Indonesia Serikat. Rapat ini juga membahas evaluasi kegiatan pengolahan serta solusi yang dapat dilakukan untuk dapat menyelesaikan target di tahun ini.

( YDN )


Penulis : YDN
Editor : tk

Bagikan

Views: 561