08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Simulasi dan Pelatihan Pemadamaman Kebakaran di Pusdipres

Simulasi dan Pelatihan Pemadamaman Kebakaran di Pusdipres Simulasi dan Pelatihan Pemadamaman Kebakaran di Pusdipres Simulasi dan Pelatihan Pemadamaman Kebakaran di Pusdipres Simulasi dan Pelatihan Pemadamaman Kebakaran di Pusdipres

19

Dec 23

Simulasi dan Pelatihan Pemadamaman Kebakaran di Pusdipres

ANRI Gajahmada - 19/12/23, Jakarta – (19/12/2022), Musibah kebakaran merupakan peristiwa yang kerap terjadi di Jakarta. Hal ini diperburuk dengan kondisi cuaca panas dan kemacetan lalu lintas yang menghambat laju petugas pemadam kebakaran. Oleh karena itu, pelatihan penanganan kebakaran merupakan hal krusial yang perlu dilaksanakan.

Pada selasa petang Pusat Studi Arsip Statis Kepresidenan (Pusdipres) bekerja sama dengan Pihak Biro Umum yang diwakili oleh Teknisi Pemeliharaan  menyelenggarakan kegiatan simulasi dan pemadaman kebakaran. Pelatihan ini sangat krusial mengingat beberapa bagian bangunan dari Pusdipres terbuat dari material kayu. Hydrant merupakan salah satu alat pemadam kebakaran yang terdapat di Pusdipres. Aspek pelatihan meliputi pengenalan serta pemeriksaan alat-alat pemadam kebakaran dan simulasi pemadaman dengan menggunakan hydrant. Dari hasil wawancara, diperoleh informasi bahwa hydrant yang terdapat di Pusdipres sesuai dengan standar dan masih beroperasi dengan optimal. Simulasi pemadaman kebakaran dilakukan di Pameran Tetap Presiden Pertama Ir. Sukarno. Para peserta melakukan simulasi bagaimana menggunakan selang dan mengarahkan air ke titik tujuan. Diharapkan dengan adanya pelatihan dan simulasi ini dapat meminimalisir dampak dari bahaya kebakaran.

 

( OT )


Foto : Pusat Studi Arsip Statis Kepresidenan
Penulis : OT
Editor : sa-tk

Bagikan

Views: 327