08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Siswa SDN 61 Banda Aceh Belajar Mitigasi Bencana di BAST

Siswa SDN 61 Banda Aceh Belajar Mitigasi Bencana di BAST Siswa SDN 61 Banda Aceh Belajar Mitigasi Bencana di BAST Siswa SDN 61 Banda Aceh Belajar Mitigasi Bencana di BAST Siswa SDN 61 Banda Aceh Belajar Mitigasi Bencana di BAST Siswa SDN 61 Banda Aceh Belajar Mitigasi Bencana di BAST

13

Jun 23

Siswa SDN 61 Banda Aceh Belajar Mitigasi Bencana di BAST

Aceh - 13/06/23, Banda Aceh, 13/06/2023 - Balai Arsip Statis dan Tsunami  (BAST) Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menerima kunjungan dari siswa SD Negeri 61 Banda Aceh. Kunjungan ini dilaksanakan dalam rangka wisata studi/edukasi terkait arsip tsunami yang ada di BAST serta pendalaman kepada para siswa terkait upaya mengenali resiko akan bencana dan cara penanggulangannya. 

Dalam kunjungan ini, para siswa diajak untuk dapat mempelajari lebih jauh sejarah bencana tsunami di Aceh yang terjadi pada 26 Desember 2004 lalu, rehabilitasi dan rekonstruksi yang dilakukan pasca tsunami serta penanggulangan yang harus dilakukan sebelum, sesaat dan sesudah bencana terjadi. Selanjutnya mereka diarahkan untuk menikmati layanan Pojok Baca Digital (POCADI) yang disediakan di BAST.

BAST sebagai Pusat Studi Arsip Kebencanaan/Arsip Tsunami memiliki tujuan memberikan manfaat kepada masyarakat luas terkait pembelajaran tentang bencana tsunami dan penanggulangannya melalui arsip tsunami yang dapat menjadi rujukan dalam mitigasi bencana untuk masa kini dan masa yang akan datang.  

Para pelajar yang merupakan generasi penerus bangsa dan pelopor tanggap bencana dituntut  harus memahami dan mewaspadai bencana di Indonesia dan cara penanggulangannya, sehingga dengan adanya kunjungan ini diharapkan siswa SD Negeri 61 Banda Aceh dapat mengambil pelajaran penting dari dampak bencana tsunami serta rehabilitasi dan rekonstruksi bencana agar nantinya dapat berperan dalam membantu mengurangi dampak bencana di kemudian hari.

( SR )


Penulis : SR
Editor : tk

Bagikan

Views: 1076