08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI
SOSIALISASI KEARSIPAN DI UNS SOSIALISASI KEARSIPAN DI UNS SOSIALISASI KEARSIPAN DI UNS

14

Jul 22

SOSIALISASI KEARSIPAN DI UNS

Surakarta - 12/07/22, Tim Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) yang dipimpin oleh Kandar (Deputi Bidang Konservasi Arsip) melakukan sosialisasi kearsipan ke UNS pada tanggal 12 Juli 2022. Tim ANRI diterima langsung oleh Rektor UNS Prof. Dr. Jamal Wiwoho, SH., M.Hum. di ruang kerjanya. Kandar yang memperoleh penghargaan sebagai alumni berprestasi pada Dies Natalis ke-46 dan diangkat sebagai anggota dewan pakar,  merasa belum berperan dan memberikan sumbangsih terhadap kampusnya, berkesempatan melakukan diskusi dengan Raktor UNS beserta jajarannya kemungkinan keberlanjutan kerja sama di bidang kearsipan antara ANRI dan UNS yang telah berakhir tahun 2016.

Kemungkinan ruang lingkup kerja sama antara lain penguatan lembaga kearsipan UNS dalam menyikapi era digital, registrasi arsip statis UNS sebagai memori kolektif bangsa,  dan program magang dan pemanfaatan arsip di ANRI bagai mahasiswa dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Rektor sempat menawarkan magang 1.000 orang, namun ANRI secara bertahap siap menerima 50 orang (per 3 bulan) secara bertahap mengingat keterbatasan ruang kerja di ANRI.

Acara dilanjutkan dengan sosialisasi kearsipan diawali dengan sambutan Deputi Bidang Konservasi Arsip,  Sambutan Pembukaan oleh Wakil Rektor Umum dan SDM, Wakil Rektor Umum dan SDM: Bapak Prof. Dr. Bandi, M.Si., Ak., dan paparan materi kearsipan oleh Agus Santoso (Direktur Preservasi Arsip), Endang Radiani (Koordinator Substansi Akuisisi Arsip III), Kris Hapsari (Koordinator Pengolahan Arsip II), dan Mudanto Pamungkas (Arsiparis). Mereka semua merupakan alumni Jurusan Sejarah FIB UNS. Di sela-sela sosialisasi ANRI juga bersama tim LARASKA (Layanan Restorasi Arsip Keluarga) untuk membantu perbaikan atau restorasi arsip warga UNS yang perlu perawatan dengan cara enkapsulasi.

Kegiatan sosialisasi dilanjutkan dengan “ngobrol sejarah dan arsip” dengan Dekan FIB Prof.Dr. Warto, M.Hum beserta para Wakil Dekan dan dosen-dosen Prodi Sejarah UNS. Dalam acara tersebut diawali dengan mengenang kembali masa-masa perkuliahan dengan perkenalan tim ANRI yang merupakan alumni Prodi Sejarah FIB dan para dosen di FIB. Juga hadir alumni FIB dari Akademi Militer, Letkol Kav Wasis Pujianto.

Dalam acara tersebut dilanjutkan diskusi dalam rangka penguatan kerja sama antara lain pengelolaan arsip inaktif di FIB, program magang untuk akselerasi pengolahan arsip ANRI, pemanfaatan arsip ANRI melalui  riset mahasiswa dan dosen FIB, penulisan buku sejarah, wawancara sejarah lisan, dan penegakan hukum kearsipan.

( hms )


Penulis : Dkn
Editor : Tk

Bagikan

Views: 1123