08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Sosialisasi Program Kerja Pusat SIKN dan JIKN Tahun 2023

Sosialisasi Program Kerja Pusat SIKN dan JIKN Tahun 2023 Sosialisasi Program Kerja Pusat SIKN dan JIKN Tahun 2023 Sosialisasi Program Kerja Pusat SIKN dan JIKN Tahun 2023 Sosialisasi Program Kerja Pusat SIKN dan JIKN Tahun 2023

02

Feb 23

Sosialisasi Program Kerja Pusat SIKN dan JIKN Tahun 2023

Jakarta - 02/02/23, Jakarta, 2 Februari 2023

Seluruh anggota simpul jaringan SIKN dan JIKN baik dari lingkungan Kementerian/Lembaga Pusat, Lembaga Kearsipan Daerah Provinsi/Kabupaten/kota maupun dari lingkungan Perguruan Tinggi Negeri harus mengetahui dan selanjutnya dapat mempersiapkan dan menyesuaikan rencana penyelenggaraan dan implementasi kegiatan SIKN dan JIKN. Hal ini menjadi tujuan dari penyelenggaraan sosialisasi program kerja dari Pusat SIKN dan JIKN tahun 2023 kali ini, kata Kepala Pusat Sistem dan Jaringan Kearsipan Nasional (SJIKN), Listianingtyas Murgiwati saat membuka acara. Secara umum untuk tahun 2023 ini beberapa kegiatan sifatnya melanjutkan program tahun 2022 namun ada beberapa hal baru dan semua ini dalam rangka percepatan pemenuhan akses dan layanan kepada masyarakat, lanjut Listianingtyas.

Selanjutnya paparan program secara umum disampaikan oleh Anak Agung Gede Sumardika yaitu terkait dengan program Pemilihan Simpul Jaringan Terbaik Nasional (SJTN) dan program Simpul Jaringan Pilot Projek (SJPP). Mendorong simpul jaringan dan mempercepat pencapaian target untuk menjadikan arsip sebagai memori kolektif bangsa dalam rangka peningkatan kualitas penyelenggaraan JIKN menjadikan alasan digelontorkannya program SJTN dan SJPP. Meningkatnya kualitas penyelenggaraan SIKN dan JIKN akan meningkatkan akses dan mutu layanan kepada masyarakat serta kemanfaatan arsip bagi kesejahteraan masyarakat, lanjut Agung.

Acara sosialisasi yang dipandu oleh Wihda selanjutnya memberikan kesempatan kepada para arsiparis di lingkungan Pusat SJIKN Muhammad Robby dan Dionsius untuk menyampaikan rincian dari program SJTN maupun SJPP mulai dari persyaratan administrasi sampai dengan jadwal penganugerahan. Untuk Program SJTN secara umum konsepnya hampir sama dengan tahun sebelumnya, hanya saja ditambahkan beberapa perubahan yaitu terkait aspek penilaian dan jumlah nominator, kata Dionsius. Penyerahan penghargaan bagi pemenang dari SJTN ini akan diundang ke acara Hari Kearsipan Nasional yang jatuh pada bulan Mei 2023 di Jawa Timur.

Untuk program SJPP lanjut Muhammad Robby, pada tahun 2023 ini ada beberapa perubahan terkait dengan tema dari materi yang akan diinput serta memberikan kesempatan kepada Kementerian/Lembaga Pusat anggota simpul jaringan sebagai peserta dalam program SJPP. Untuk teknis pelaksanaan secara umumhampir sama dengan tahun sebelumnya. Pemilihan tema pada materi yang akan diinput oleh peserta SJPP ini bertujuan untuk menggali dan mengengkat potensi arsip dan informasi di masing-masing daerah sehingga memperkaya arsip dan informasi yang bisa diakses masyarakat.

Kegiatan sosialisasi yang diikuti oleh 1.000 orang lebih peserta diselenggarakan pada tanggal 2 Februari 2023 secara daring melalui aplikasi zoom cloud meeting dan juga disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube pusat sikn dan jikn.

( #tj )


Penulis : #tj
Editor : tk

Bagikan

Views: 932