08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Tingkatkan Kesadaran Pentingnya Arsip, BAST Laksanakan Coffee Morning bersama Pers

Tingkatkan Kesadaran Pentingnya Arsip, BAST Laksanakan Coffee Morning bersama Pers Tingkatkan Kesadaran Pentingnya Arsip, BAST Laksanakan Coffee Morning bersama Pers Tingkatkan Kesadaran Pentingnya Arsip, BAST Laksanakan Coffee Morning bersama Pers Tingkatkan Kesadaran Pentingnya Arsip, BAST Laksanakan Coffee Morning bersama Pers

01

Dec 23

Tingkatkan Kesadaran Pentingnya Arsip, BAST Laksanakan Coffee Morning bersama Pers

Banda Aceh - 01/12/23, Banda Aceh, 01/12/2023 – Balai Arsip Statis dan Tsunami (BAST) Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) melaksanakan kegiatan coffee morning bersama perwakilan media di Aceh. Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh (DPKA), Edi Yandra diwakili oleh Sub Koordinator Penelusuran Arsip DPKA, Abdul Aziz., Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Aceh Besar, Fazlun, Arsiparis dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Banda Aceh, Mustafa Kamal., serta Staf Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banda Aceh, Yusrawati dan Noviyanti.

Kepala BAST, Muhamad Ihwan dalam pembukaannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan rangkaian dari peringatan 19 tahun gempa dan tsunami Aceh yang dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan pembelajaran mengenai pentingnya arsip. Peran wartawan sebagai pencatat peristiwa jangka panjang sangat dibutuhkan dalam mengelola arsip karya jurnalistik, oleh karenanya pendokumentasian yang baik dapat dilakukan untuk menjaga dan melestarikan arsip demi memberikan informasi kepada generasi kini maupun masa yang akan datang. 

Dalam kegiatan ini bersama rekan-rekan media, isu dan tantangan terkait kearsipan yang tengah berkembang di Aceh dibahas secara bersama-sama. Hal ini merujuk kepada solusi dalam rangka meningkatkan kesadaran terhadap pentingnya arsip kepada masyarakat luas. 

Selanjutnya dalam rangka meningkatkan kesadaran tentang arsip, Gerakan Aceh Sadar Arsip (GASA) sedang dikembangkan dan akan disosialisasikan di tahun mendatang oleh DPKA. Maka dari itu dalam penyampaiannya, Sub Koordinator Penelusuran Arsip DPKA, Abdul Aziz berharap para wartawan dapat berperan dalam mengsosialisasikan gerakan tersebut guna memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya arsip. 

( sr )


Penulis : sr
Editor : tk

Bagikan

Views: 403