08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Tingkatkan Kesadaran Pentingnya Pengelolaan Arsip sebagai Memori Kolektif Bangsa

Tingkatkan Kesadaran Pentingnya Pengelolaan Arsip sebagai Memori Kolektif Bangsa Tingkatkan Kesadaran Pentingnya Pengelolaan Arsip sebagai Memori Kolektif Bangsa Tingkatkan Kesadaran Pentingnya Pengelolaan Arsip sebagai Memori Kolektif Bangsa Tingkatkan Kesadaran Pentingnya Pengelolaan Arsip sebagai Memori Kolektif Bangsa

08

Mar 23

Tingkatkan Kesadaran Pentingnya Pengelolaan Arsip sebagai Memori Kolektif Bangsa

Sabang, Aceh - 08/03/23, Sabang, 8/2/2023 - Balai Arsip Statis dan Tsunami (BAST) Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) bekerjasama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Sabang (Dispusip Kota Sabang) melaksanakan sosialisasi kearsipan di aula BKPSDM Kota Sabang. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kesadaran akan pentingnya pengelolaan arsip yang baik dan benar.

Kegiatan sosialisasi ini dihadiri oleh instansi vertikal di Kota sabang dan perwakilan Satuan Kerja Perangkat Daerah Kota Sabang.

Dalam sambutannya, Sekretaris Dinas Dispusip Kota Sabang, Mulkan mengatakan pada saat ini Dispusip Kota Sabang masih memiliki kekurangan Sumber Daya Manusia serta sarana dan prasarana. Ia juga menyadari pada saat ini arsip terkait tempat wisata bersejarah belum lengkap untuk dapat diakses oleh masyarakat luas, mengingat banyaknya wisata-wisata bersejarah di Kota Sabang.

Dalam kegiatan sosialisasi kearsipan ini, Kepala BAST, Muhamad Ihwan memaparkan beberapa cara memperbaiki kondisi kearsipan, tata cara pengelolaan arsip sesuai dengan kaidah kearsipan serta tata cara penyusutan arsip. Dimana hal tersebut dinilai penting untuk dilakukan agar mencapai tertib arsip.

Selanjutnya Ihwan mengatakan arsip merupakan memori kolektif dan jati diri bangsa. Oleh sebab itu, setiap lembaga negara wajib mengelola dan menjaga arsip sesuai dengan kaidah kearsipan. Ihwan juga berharap kedepannya Kota Sabang memiliki diorama perjalanan sejarah kota Sabang yang nantinya dapat dinikmati oleh masyarakat luas. Sehingga sabang tidak hanya dilihat dari wisatanya saja, akan tetapi dapat dilihat dari berbagai aspek.

( nda/ekh )


Penulis : nda/ekh
Editor : Nisaa

Bagikan

Views: 1037