08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Visitasi SMK Eka Wijaya ke Pameran Tetap Presiden Pertama Ir. Sukarno

Visitasi SMK Eka Wijaya ke Pameran Tetap Presiden Pertama Ir. Sukarno Visitasi SMK Eka Wijaya ke Pameran Tetap Presiden Pertama Ir. Sukarno Visitasi SMK Eka Wijaya ke Pameran Tetap Presiden Pertama Ir. Sukarno Visitasi SMK Eka Wijaya ke Pameran Tetap Presiden Pertama Ir. Sukarno Visitasi SMK Eka Wijaya ke Pameran Tetap Presiden Pertama Ir. Sukarno

15

Mar 23

Visitasi SMK Eka Wijaya ke Pameran Tetap Presiden Pertama Ir. Sukarno

ANRI Gajahmada - 15/03/23, Jakarta – 15/03/23, Pusat Studi Arsip Statis Kepresidenan (Pusdipres) menerima visitasi dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Eka Wijaya, Cibinong, Jawa Barat. Kunjungan ini diterima oleh para arsiparis di lingkungan Pusdipres yang terdiri atas Sapta Sunjaya, Ari Syah Bungsu, Hendi Kristyantoro dan Muhammad Bara Tama Sakti. Para peserta diterima di Gedung Cagar Budaya atau Heritage oleh Bapak Sapta Sunjaya yang merupakan arsiparis ahli madya. Dalam sambutannya disampaikan terima kasih atas visitasi dari SMK Eka Wijaya. Dengan kunjungan kali ini diharapkan para peserta dapat mempelajari dan mengenal lebih dekat mengenai Presiden Pertama Republik Indonesia, Ir. Sukarno. Selain itu, diharapkan para peserta memperoleh pengetahuan mengenai kearsipan, terutama arsip statis.

Visitasi ke Pameran Tetap Presiden Pertama Ir. Sukarno adalah agenda yang dilaksanakan selanjutnya. Kunjungan dengan jumlah peserta yang mencapai 44 orang di bagi ke dalam dua gelombang. Gelombang pertama dipandu oleh Ari Syah Bungsu dan Muhammad Bara Tama Sakti. Sementara gelombang yang kedua dipandu oleh Hendi Kristyantoro dan Sapta Sunjaya. Para peerta yang juga didampingi oleh empat (4) orang guru pendamping begitu semangat mendengarkan para pemandu dan melihat pameran arsip yang ditampilkan dengan menggunakan teknologi visual.

              Pasca kegiatan pemanduan, Octavia S dan Hendy K melakukan wawancara kepada empat orang perwakilan SMK Eka Wijaya. Clinton yang merupakan Ketua Organisasi Intra Sekolah (OSIS) mengungkapkan bahwa melalui visitasi ini, dapat memperoleh pengetahuan mengenai perjuangan dari Presiden Sukarno yang kini hasil perjuangannya dapat dinikmati oleh generasinya. Presiden Sukarno adalah pemimpin hebat dan juga berbakat. Sandra kemudian menambahkan visitasi ini dapat menambah keilmuan tentang arsip. Kritik yang disampaikan adalah agar rute perjalanan dapat diperbaiki. Menurut Pamungkas, kesan yang diperoleh adalah menambah wawasan terkait Presiden Sukarno dan kondisi Indonesia pasca kemerdekaan. Sedangkan Elizabeth menyampaikan bahwa kunjungan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan pengetahuan terkait kehidupan Presiden Sukarno.

( TimPSASK )


Penulis : TimPSASK
Editor : tk

Bagikan

Views: 746