08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Wakil Konsul Jenderal Jepang di Medan Siap Bantu Promosikan Pusat Studi Arsip Kebencanaan/Arsip Tsunami

Wakil Konsul Jenderal Jepang di Medan Siap Bantu Promosikan Pusat Studi Arsip Kebencanaan/Arsip Tsunami Wakil Konsul Jenderal Jepang di Medan Siap Bantu Promosikan Pusat Studi Arsip Kebencanaan/Arsip Tsunami Wakil Konsul Jenderal Jepang di Medan Siap Bantu Promosikan Pusat Studi Arsip Kebencanaan/Arsip Tsunami

13

Mar 24

Wakil Konsul Jenderal Jepang di Medan Siap Bantu Promosikan Pusat Studi Arsip Kebencanaan/Arsip Tsunami

Aceh Besar, 13/03/2024 - Balai Arsip Statis dan Tsunami (BAST) Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menerima kunjungan Wakil Konsul Jenderal Jepang di Medan, Suzuki Yushi. Kunjungan ini dilakukan dalam rangka silaturahmi dan mengenal lebih dekat BAST.

Kedatangan Suzuki disambut oleh Kepala Balai, Muhamad Ihwan, yang memaparkan secara langsung tugas, fungsi dan peran penting BAST dalam mengelola dan melestarikan arsip tsunami. Terlebih BAST telah ditetapkan sebagai Pusat Studi Arsip Kebencanaan/Arsip Tsunami pada tahun 2021 oleh Kepala ANRI, Imam Gunarto.

Suzuki mengaku siap untuk mendukung dan memperkenalkan pusat studi ini terutama kepada para masyarakat dan peneliti Jepang yang memiliki ketertarikan dalam bidang kebencanaan dan tsunami, sehingga diharapkan informasi-informasi penting dalam arsip-arsip yang dikelola BAST dapat tersebar lebih luas dan menjadi rujukan utama bagi penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan di bidang kebencanaan.

Sebelumnya Konsulat Jenderal Jepang di Medan juga telah menyerahkan beberapa nomor arsip tsunaminya kepada BAST untuk dikelola. Arsip-arsip tersebut diserahkan langsung oleh Konsul Jenderal Takonai Susumu pada tahun 2023 lalu dan saat ini dapat langsung diakses di BAST.

( ekh/ms )


Foto : BAST
Penulis : ekh/ms
Editor : sa

Bagikan

Views: 142