08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Pameran BINAR Bulan Maret Angkat Tema Penandantanganan Perjanjian Linggarjati

Pameran BINAR Bulan Maret Angkat Tema Penandantanganan Perjanjian Linggarjati

13

Mar 24

Pameran BINAR Bulan Maret Angkat Tema Penandantanganan Perjanjian Linggarjati

Layanan Arsip Statis Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) pada program Bulan ini dalam Arsip (BINAR) pada bulan Maret 2024 mengangkat tema tentang Penandatanganan Perjanjian Linggarjati pada 25 Maret 1947.

Perjanjian Linggarjati adalah perjanjian antara Indonesia dengan Belanda. Perundingan yang diadakan mulai 10 November 1946 di Linggarjati, Cirebon  untuk membahas mengenai konflik antara Indonesia dan Belanda. Sebelumnya, Indonesia dan Belanda sudah pernah melakukan perundingan. Namun, tidak menemukan titik terang.

Perundingan kembali diadakan menghadirkan penengah antara Indonesia dengan Belanda yakni Inggris. Perjanjian Linggarjati ditandatangani pada 15 November 1946 di Istana Merdeka, Jakarta. Setahun setelah perundingan, barulah kedua negara menandatangani perjanjian tersebut. Tepatnya pada, 25 Maret 1947 Perjanjian Linggarjati diresmikan.

Isi Perjanjian Linggarjati :

1.   Belanda mengakui wilayah Indonesia yang mencakup Jawa, Sumatra, dan Madura. Belanda harus meninggalkan Indonesia sebelum tanggal 1 Januari 1949.

2.   Indonesia dan Belanda setuju membentuk negara serikat dengan nama RIS. Negara Indonesia Serikat terdiri dari RI, Kalimantan, dan Timur Besar. Pembentukan RIS ini dilangsungkan sebelum 1 Januari 1949.

3.   RIS dan Belanda akan membentuk Uni Indonesia-Belanda yang dipimpin oleh Ratu Belanda.

Arsip yang dipamerkan pada BINAR menampilkan Arsip Foto Ketua Delegasi Belanda Prof. Schermerhorn sedang menandatangani naskah Perjanjian Linggarjati dan didampingi oleh Sultan Syahrir (kanan) (sumber : ANRI, RVD Batavia No. 67); Arsip Foto suasana Konferensi Penandatanganan Perjanjian Linggarjati di Istana, 25 Maret 1947 (sumber: ANRI, RVD Batavia No. 70); dan Arsip Foto Wakil-wakil dari Vatikan yang menghadiri Penandatanganan Perjanjian Linggarjati, Batavia 25 Maret 1947 (sumber: ANRI, RVD Batavia No. 78).

( SAP )


Foto : Direktorat Layanan dan Pemanfaatan
Penulis : SAP
Editor : Is

Bagikan

Views: 230