08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Galeri Lokananta Dikunjungi Peserta Konferensi Internasional ke-28 SEAPAVAA

Galeri Lokananta Dikunjungi Peserta Konferensi Internasional ke-28 SEAPAVAA Galeri Lokananta Dikunjungi Peserta Konferensi Internasional ke-28 SEAPAVAA Galeri Lokananta Dikunjungi Peserta Konferensi Internasional ke-28 SEAPAVAA

11

Jun 24

Galeri Lokananta Dikunjungi Peserta Konferensi Internasional ke-28 SEAPAVAA

Solo - 11/06/24, Sebelum menghadiri jamuan makan malam (welcome dinner) yang diselenggarakan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, para peserta Konferensi Internasional ke-28 SEAPAVAA mengunjungi Galeri Lokananta yang berlokasi di Jln. A. Yani no.379 A, Solo.

Lokananta merupakan label rekaman pertama di Indonesia yang berlokasi di Solo. Saat ini Lokananta menjadi destinasi cagar budaya musik Indonesia yang berbentuk galeri dan terdiri atas ruang pamer permanen dan temporer. Pada ruang pamer permanen terdiri dari ruang pamer Lini Masa, Gamelan, Diskografi, Bengawan Solo, Aneka Nada, dan Proklamasi. Pada Ruang Diskografi, peserta konferensi juga diajak menikmati alunan musik dari piringan hitam. Ruangan ini menyimpan ratusan dokumen pita master rekaman asli milik Lokananta Records.

Pada ruang pamer temporer periode 10 Maret 2024 - 8 Maret 2025 disajikan pameran arsip dan dokumentasi sejarah musik Indonesia periode 1959-1969. Mulai dari transisi musik pada era kemerdekaan, pra-Lokananta, fenomena pelarangan gaya hidup kebarat-baratan, keterlibatan aparat negara dalam dunia musik Indonesia hingga fenomena munculnya band-band plat merah di Indonesia.

Setelah mengunjungi Galeri Lokananta, peserta Konferensi Internasional ke-28 SEAPAVAA mengikuti welcome dinner yang diselenggarakan atas kolaborasi Arsip Nasional Republik Indonesia dan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

( tk )

 


Foto : Humas ANRI
Penulis : tk
Editor : sa

Bagikan

Views: 144