Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta 12560

Uber Arsip
Logo ANRI

Layanan Restorasi Arsip Keluarga

        Letak geografis Indonesia yang berada di daerah khatulistiwa dan ring of fire menyebabkan Indonesia sebagai negara rawan bencana hidrometeorologi, tektonik maupun vulkanik. Bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsong, angin puting beliung sedangkan bencana tektonik dan vulkanik seperti gempa bumi, erupsi gunung berapi. Bencana yang terjadi dapat menelan korban jiwa, terganggunya kesehatan fisik dan psikologis masyarakat yang terkena dampak bencana, kerusakan infrastruktur, sarana dan prasarana umum, kantor pemerintahan dan pusat pelayanan masyarakat. Masyarakat/keluarga sebagai entitas terkecil dalam kehidupan berbangsa dan bernegara adalah yang paling merasakan terhadap dampak bencana yang terjadi., baik dampak secara psikologis maupun kesehatan fisik, termasuk terhadap dokumen/arsip pribadi milik masyarakat (arsip keluarga) yang tekena dampak bencana. 

        Untuk mengurangi dampak psikologis, dan melindungi hak keperdataan masyarakat yang terkena dampak bencana dari kemungkinan rusak, atau musnah nya arsip masyarakat, maka negara hadir dalam hal ini adalah ANRI sebagai lembaga kearsipan nasional menyelenggarakan perlindungan dan penyelamatan arsip milik masyarakat melalui program LARASKA (Layanan Restorasi Arsip Keluarga). Mekanisme, prosedur layanan dan persyaratan LARASKA mengacu pada Peraturan ANRI Nomor 9 tahun 2019 tentang Standar Pelayanan LARASKA di Lingkungan ANRI. Dalam program LARASKA ini masyarakat secara individu dapat memperbaikin arsipnya secara GRATIS dengan cara datang langsung ke kantor ANRI, jalan Ampera Raya nomor 7 Jakarta Selatan. 


Untuk informasi lebih lanjut tentang LARASKA, dapat menghubungi nomor telp. (021) 7805851 ext. 406/704, nomor HP/WA +62 813-1806-6023 atau email ke [email protected]  




Prosedur dan Brosur LARASKA





Unduh brosur dan prosedur layanan PDF