08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Pameran BINAR Bulan Mei Angkat Tema Peringatan Hari Ulang Tahun Presiden Soekarno

Pameran BINAR Bulan Mei Angkat Tema Peringatan Hari Ulang Tahun Presiden Soekarno Pameran BINAR Bulan Mei Angkat Tema Peringatan Hari Ulang Tahun Presiden Soekarno

06

Jun 24

Pameran BINAR Bulan Mei Angkat Tema Peringatan Hari Ulang Tahun Presiden Soekarno

Jakarta - 6/6/2024, Layanan Arsip Statis Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) pada program Bulan Ini dalam Arsip (BINAR) pada bulan Juni 2024 mengangkat tema tentang Peringatan Hari Ulang Tahun Presiden Soekarno pada tanggal 6 Juni 1950.

Ir. Soekarno atau akrab dipanggil Bung Karno lahir pada 6 Juni 1901 di Surabaya, Jawa Timur dengan nama kecilnya Kusno Sosrodihardjo. Bung Karno adalah anak dari pasangan Raden Soekemi Sosrodihardjo dan Ida Ayu Nyoman. Ir. Soekarno sudah terjun ke dunia politik sejak usianya masih sangat muda. Soekarno terkenal pertama kali pada tahun 1915 saat menjadi anggota Jong Java Cabang Surabaya. Selama perjuangan yang panjang akhirnya Soekarno dan Moh. Hatta memproklamasikan kemerdekaan RI pada 17 Agustus 1945 yang didesak oleh kaum muda dan sempat diculik ke Rengasdengklok. Sejak itulah Soekarno diangkat menjadi Presiden pertama Indonesia dan mulai dikenal sebagai Sang Proklamator yang didampingi Mohammad Hatta sebagai wakilnya.

Arsip yang dipamerkan pada BINAR menampilkan Presiden Soekarno, Ibu Negara Fatmawati, Sri Sultan Hamengkubuwono IX dan beberapa tamu undangan peringatan hari lahir Presiden Soekarno sedang menikmati hidangan sambil berbincang-bincang di Istana Negara pada 6 Juni 1950 (Sumber: ANRI, KEMPEN RIS Wilayah DKI Jakarta 1950 nomor: 685) dan suasana peringatan hari lahirnya Presiden Soekarno, Ibu Negara Fatmawati, Presiden Soekarno, Sri Sultan Hamengkubuwono IX, Anak Agung Gde Agung dan beberapa tamu undangan sedang menikmati hidangan di Istana Merdeka (Sumber: ANRI, KEMPEN RIS Wilayah DKI Jakarta 1950 nomor: 687).


Foto : Direktorat Layanan dan Pemanfaatan
Penulis : SAP
Editor : sa

Bagikan

Views: 464