08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

Peserta Konferensi ke-28 SEAPAVAA Hadiri Welcome Dinner di Lokananta

Peserta Konferensi ke-28 SEAPAVAA Hadiri Welcome Dinner di Lokananta Peserta Konferensi ke-28 SEAPAVAA Hadiri Welcome Dinner di Lokananta Peserta Konferensi ke-28 SEAPAVAA Hadiri Welcome Dinner di Lokananta Peserta Konferensi ke-28 SEAPAVAA Hadiri Welcome Dinner di Lokananta Peserta Konferensi ke-28 SEAPAVAA Hadiri Welcome Dinner di Lokananta

11

Jun 24

Peserta Konferensi ke-28 SEAPAVAA Hadiri Welcome Dinner di Lokananta

Solo - 11/06/24, Peserta Konferensi Internasional ke-28 SouthEast Asia – Pacific AudioVisual Archive Association (SEAPAVAA) yang berasal dari dalam dan luar negeri menghadiri jamuan makan malam (welcome dinner) yang digelar atas kerja sama Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) di kawasan Lokananta, Solo.

Deputi Bidang Pengembangan Pustaka dan Jasa Informasi Perpusnas, Mariana Ginting menyampaikan bahwa pemilihan Solo sebagai tempat konferensi menjadi kota yang sangat tepat karena kota Solo memiliki sejarah yang luar biasa panjang dan sudah berdiri sejak 1745. Solo menjadi pusat kesenian dan budaya Indonesia seperti arca, wayang kulit, naskah-naskah dan batik.

Solo juga memiliki sejarah yang memiliki keterkaitan dengan konferensi ini. Solo menjadi kota pertama yang memiliki studio rekaman. Menjadi napak tilas kebangkitan industri audio, penyelamatan arsip audiovisual yang dimiliki Indonesia. Melalui konferensi ini, diharapkan mengunggah produsen arsip audiovisual yang memiliki nilai sejarah, untuk dilestarikan dan diselamatkan.

“Semangat berbagi pengetahuan, pengalaman, kerja sama dalam pengelolaan arsip audiovisual dapat terus ditingkatkan melalui penyelenggaraan konferensi ini. Semoga dapat memberikan kesan mendalam bagi seluruh peserta konferensi dalam penyelenggaraan Konferensi Internasional ke-28 SEAPAVAA ini,” ungkap Mariana.

Pada welcome dinner ini juga dilaksanakan pengumuman SEAPAVAA Fellowship Award dan penayangan arsip film yang telah direstorasi oleh lembaga arsip audiovisual anggota SEAPAVAA. Pegawai purna tugas ANRI, Dhani Sugiharto (alm) menjadi salah satu tokoh yang meraih SEAPAVAA Fellowship Award 2024.

Sebagai informasi, Konferensi Internasional ke-28 SEAPAVAA dihadiri lebih dari seratus peserta dan delegasi internasional yang berasal dari 21 negara, antara lain Amerika Serikat, Barbados, Belanda, Prancis, Inggris, India, Cina, Republik Korea, Jepang, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Myanmar, Vietnam, Timor Leste, Australia, Selandia Baru, Samoa, Kepulauan Solomon, dan Kiribati. Selain peserta luar negeri, konferensi juga diikuti 150 peserta dari Indonesia yang sebagian besar merupakan arsiparis dari lembaga kearsipan daerah, unit kearsipan kementerian/lembaga, lembaga kearsipan perguruan tinggi, lembaga penyiaran televisi dan radio, serta komunitas kearsipan audiovisual nonpemerintah.

( tk )


Foto : Humas ANRI
Penulis : tk
Editor : sa

Bagikan

Views: 153