Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta 12560

Uber Arsip
Logo ANRI

20 Simpul Jaringan Terpilih Menjadi Simpul Jaringan Pilot Project 2022

20 Simpul Jaringan Terpilih Menjadi Simpul Jaringan Pilot Project  2022 20 Simpul Jaringan Terpilih Menjadi Simpul Jaringan Pilot Project  2022 20 Simpul Jaringan Terpilih Menjadi Simpul Jaringan Pilot Project  2022 20 Simpul Jaringan Terpilih Menjadi Simpul Jaringan Pilot Project  2022 20 Simpul Jaringan Terpilih Menjadi Simpul Jaringan Pilot Project  2022 20 Simpul Jaringan Terpilih Menjadi Simpul Jaringan Pilot Project  2022

30

Jun 22

20 Simpul Jaringan Terpilih Menjadi Simpul Jaringan Pilot Project 2022

Jakarta - 30/06/2022, Rangkaian acara Rapat Koordinasi Temu Jaringan SIKN dan JIKN Tahun 2022 yang digelar Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) sejak kemarin (29/6) berlanjut pada Kamis (30/6) secara luring di Novotel Jakarta Mangga Dua Square.

 

Pada sesi kali ini disampaikan indikator penilaian Simpul Jaringan Pilot Project (SJPP).  Adapun syarat dan kriteria seleksi pemilihan SJPP 2022, antara lain memenuhi syarat wajib, yaitu nilai hasil pengawasan penyelenggaraan kearsipan tahun 2020 dan atau 2021, minimal B, serta telah terdaftar menjadi anggota simpul jaringan dan memiliki subdomain SIKN. 

 

Sementara itu, kriteria yang harus dipenuhi ialah ketersediaan kebijakan terkait penyelenggaraan SIKN-JIKN, ketersediaan sumber daya manusia kearsipan, ketersediaan informasi kearsipan, dan sarana prasarana kearsipan.

 

Acara dilanjutkan dengan penyampaian rekomendasi rapat temu jaringan. Hasil rekomendasi tersebut terdiri dari beberapa poin yang diharapkan dapat ditindaklanjuti oleh ANRI sebagai Pusat Jaringan, seluruh anggota Simpul Jaringan, serta instansi terkait lainnya. Hasil rekomendasi ini didapatkan setelah adanya rapat pleno rekomendasi bersama para peserta yang hadir. 

 

Penyerahan hasil rekomendasi rapat temu jaringan diberikan oleh peserta kepada Kepala ANRI/Deputi Bidang Informasi dan Pengembangan Sistem Kearsipan (IPSK) ANRI yang diwakili oleh Kepala Pusat Pengkajian dan Pengembangan Sistem Kearsipan, Muhammad Sumitro.

 

Pada penghujung acara diumumkan 20 Simpul Jaringan yang terpilih menjadi SJPP 2022, antara lain DPK Kab. Gunung Kidul, Institut Pertanian Bogor, DKP Prov. Sumbar, DKP Kab. Kebumen, DPK Kota Surabaya, DPAD DIY, DKP Kab. Malang, Dispusipda Jabar, DPK Prov. Aceh, DAP Kab. Buleleng, DKP Kota Jambi, DKP Prov. Jateng, DPK Kota Padang, DKP Kab. Badung, Universitas Indonesia, DKP Kab. Pati, DPK Prov. Jatim, DKP Kab. Kendal, DPK Kota Padang Panjang, dan DKP Kab. Bogor.

 

Peserta yang terpilih kemudian diberikan sertifikat SJPP dan secara simbolis dilakukan penyematan pin JIKN oleh Kepala Pusat Pengkajian dan Pengembangan Sistem Kearsipan. 

 

“Marilah kita bersama-sama bergandengan tangan, bukan hanya berkoordinasi, melainkan juga berkolaborasi, karena kekuatan kita sekarang bukan kekuatan karena kita sendiri merasa mampu, melainkan dengan adanya kolaborasi dan sinergi. Mari kita tingkatkan semangat, agar apa yang dicita-citakan dapat diwujudkan bersama,” tutur Muhammad Sumitro saat mewakili Deputi Bidang IPSK ANRI dalam penutupan acara. (RRA)

 

( RRA )