Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta 12560

Uber Arsip
Logo ANRI

27 Instansi Serentak Serahkan Arsip Statisnya ke ANRI

27 Instansi Serentak Serahkan Arsip Statisnya ke ANRI 27 Instansi Serentak Serahkan Arsip Statisnya ke ANRI 27 Instansi Serentak Serahkan Arsip Statisnya ke ANRI 27 Instansi Serentak Serahkan Arsip Statisnya ke ANRI 27 Instansi Serentak Serahkan Arsip Statisnya ke ANRI 27 Instansi Serentak Serahkan Arsip Statisnya ke ANRI

22

Nov 22

27 Instansi Serentak Serahkan Arsip Statisnya ke ANRI

Jakarta- 22/11/2022, Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menyelenggarakan Rapat Koordinasi Penyerahan Arsip Statis Nasional di Hotel Ra Suite, Simatupang, Jakarta Selatan. Pada rakor ini terdapat 27 Pencipta Arsip yang menyerahkan arsip statis yang berasal dari Kementerian, Lembaga, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dan Sejarawan Kalimantan Barat, Syafarrudin Usman.

"Arsip statis yang disimpan di ANRI tidak hanya dilestarikan tetapi dilayankan dan dimanfaatkan seluas-luasnya untuk kepentingan masyarakat," ungkap Kepala ANRI,  Imam Gunarto dalam sambutan.

Sementara itu, Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara Setya Utama memberikan testimoni mengenai pentingnya penyerahan arsip statis instansi kepada ANRI sebagai memori kolekti bangsa.

Sekretaris Jenderal Mahkamah Konstitusi, Muhammad Guntur Hamzah selaku pembicara kunci juga menyampaikan harapannya terkait penyelenggarakan kearsipan berbasis elektronik.

Pada rakor ini, dilaksanakan panel diskusi mengenai Kebijakan Penyelamatan Arsip Statis Nasional. Pemapar pertama, Kebijakan Penyelamatan Arsip
Statis Nasional disampaikan
Deputi Bidang Konservasi Arsip, Kandar. Materi berikutnya, Penyelamatan Arsip Statis sebagai Memori Kolektif Bangsa dipaparkan oleh Penasehat Ahli Bidang Pemajuan Kebudayaan, Prof. Dr. Susanto Zuhdi.

Sesi berikutnya, lanjutan anel diskusi panel dan testimoni penyerahan arsip statis dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Kementerian Pertahanan, PT. Timah Tbk, Perwakilan Pemilik Arsip K.H. Achmad Sjaichu dan Syafaruddin Usman.





( HM )