08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

ANRI dan Kemdikbud RI Gelar Rakor Virtual Internasional Bahas Penelusuran Arsip Jalur Rempah

ANRI dan Kemdikbud RI Gelar Rakor Virtual Internasional Bahas Penelusuran Arsip Jalur Rempah ANRI dan Kemdikbud RI Gelar Rakor Virtual Internasional Bahas Penelusuran Arsip Jalur Rempah ANRI dan Kemdikbud RI Gelar Rakor Virtual Internasional Bahas Penelusuran Arsip Jalur Rempah ANRI dan Kemdikbud RI Gelar Rakor Virtual Internasional Bahas Penelusuran Arsip Jalur Rempah ANRI dan Kemdikbud RI Gelar Rakor Virtual Internasional Bahas Penelusuran Arsip Jalur Rempah ANRI dan Kemdikbud RI Gelar Rakor Virtual Internasional Bahas Penelusuran Arsip Jalur Rempah ANRI dan Kemdikbud RI Gelar Rakor Virtual Internasional Bahas Penelusuran Arsip Jalur Rempah ANRI dan Kemdikbud RI Gelar Rakor Virtual Internasional Bahas Penelusuran Arsip Jalur Rempah ANRI dan Kemdikbud RI Gelar Rakor Virtual Internasional Bahas Penelusuran Arsip Jalur Rempah

10

Dec 20

ANRI dan Kemdikbud RI Gelar Rakor Virtual Internasional Bahas Penelusuran Arsip Jalur Rempah

Jakarta (12/10/2020) - Arsip Nasional Republik Indonesia  (ANRI)  dengan  Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  Republik Indonesia (Kemdikbud RI) menggelar International Virtual Coordination Meeting  Spice Route Archives As World Documentary Heritage, Kamis (10/12).  Acara yang diikuti sekitar 800 peserta tersebut  diisi oleh pembicara kunci  Pelaksana Tugas (Plt) Kepala  ANRI M. Taufik dan Direktur Jenderal Kebudayaan Kemdikbud RI Himar Farid.

Dalam paparannya, Plt. Kepala ANRI M. Taufik menyampaikan bahwa arsip merupakan akar budaya, pentingnya data dan informasi tidak terlepas dari pembelajaran yang senantiasa tiada henti. Data atau arsip atau dokumen terkait jalur rempah masih belum lengkap, oleh karena itu perlu bersama berangkat dari strategi nasional atau internasional untuk melengkapi data tersebut. M. Taufik menambahkan, perlu dilakukan rekonstruksi sejarah agar tidak ada kesalahan terkait penelusuran arsip  jalur rempah ini.

Adapun narasumber dalam rakor secara daring tersebut di antaranya Sekretaris Utama ANRI Imam Gunarto, Plt. Deputi Konservasi Arsip ANRI Multi Siswati, Wu  Yuan Yuan dan Liu Wen Hua dari Arsip Nasional Tiongkok, Haji Shaharuddin Ismail dari Arkib Negara Malaysia, serta Johan Van Langen dari Arsip Nasional Belanda.  Sebelumnya, telah dilaksanakan rakor penelusuran arsip jalur rempah dalam negeri yang  juga digelar atas kerja sama Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemdikbud RI dengan ANRI. (SA)

( SA )


Penulis : SA

Bagikan

Views: 775