08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

ANRI DAN PERTAMINA LAKSANAKAN PENELUSURAN ARSIP SEJARAH PERTAMBANGAN INDONESIA DI BELANDA

ANRI DAN PERTAMINA LAKSANAKAN PENELUSURAN ARSIP SEJARAH PERTAMBANGAN INDONESIA DI BELANDA ANRI DAN PERTAMINA LAKSANAKAN PENELUSURAN ARSIP SEJARAH PERTAMBANGAN INDONESIA DI BELANDA ANRI DAN PERTAMINA LAKSANAKAN PENELUSURAN ARSIP SEJARAH PERTAMBANGAN INDONESIA DI BELANDA ANRI DAN PERTAMINA LAKSANAKAN PENELUSURAN ARSIP SEJARAH PERTAMBANGAN INDONESIA DI BELANDA

26

Jan 24

ANRI DAN PERTAMINA LAKSANAKAN PENELUSURAN ARSIP SEJARAH PERTAMBANGAN INDONESIA DI BELANDA

Amsterdam - 26/01/24, Delegasi Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) beserta PT Pertamina (Persero) dan PT PGN Mas yang dipimpin oleh Deputi Bidang Konservasi Arsip ANRI, Kandar melaksanakan kegiatan penelusuran arsip Bataafsche Petroleum Maatschappij (BPM) di National Archives of the Netherlands (NAN) dan Perpustakaan Universitas Leiden (UBL). Kegiatan ini merupakan bagian dari implementasi dari Memorandum of Understanding (MoU) antara ANRI dengan kedua lembaga tersebut yang ditandatangani sebelumnya pada tahun 2022.

Penelusuran arsip BPM di National Archives of the Netherlands (NAN) diawali dengan pertemuan Delegasi Indonesia dengan Director NAN, Afelonne Doek didampingi Arjan Agema, Johan van Langen, Alex Enzlin, dan Lidwien Jansen. Pada pertemuan tersebut, Afelonne menyampaikan dukungan penuh terhadap penelusuran arsip BPM yang ada di khazanah NAN sebagai implementasi kerja sama ANRI dan NAN khususnya pada ruang lingkup peningkatan akses terhadap arsip kolonial yang terdapat di kedua lembaga. NAN telah mempersiapkan khazanah yang akan dibaca, menyiapkan ruang khusus bagi penelusur ANRI dan Pertamina, serta menyediakan scanner dan bantuan scan on demand untuk mendukung kegiatan ini.

Dari penelusuran arsip di NAN, Tim ANRI dan Pertamina menemukan beberapa arsip diantaranya arsip tentang penambangan minyak di Muara Enim dan Moesi Ilir 1903 – 1914, staablad konsesi lahan BPM 1941, laporan Nederlands-Indische Aardolie Maatschappij (NIAM) 1940-1941, dokumen tentang personalia NIAM 1942 – 1945, foto – foto pertambangan minyak Directorate van The Royal Dutch Petroleum Company 1923, arsip modernisasi kilang minyak BPM di Bandaran 1947 – 1950, dan beberapa arsip lain.

Penelusuran juga dilaksakan di Perpustakaan Universitas Leiden (UBL) diterima oleh Head of Special Collections UBL, Marieke van Meer yang mendampingi pengurusan akses serta menunjukan mekanisme akses koleksi khusus yang dimiliki UBL. Pihak UBL juga menyediakan bantuan scanning untuk arsip hasil penelusuran yang akan dialihmediakan oleh Tim ANRI dan Pertamina. Dari penelusuran arsip di UBL, Tim ANRI dan Pertamina kebanyakan menemukan arsip peta diantaranya peta produksi kilang minyak Balikpapan tahun 1924, peta produksi kilang minyak Tarakan, peta topografi dan tanah di Palembang serta berbagai arsip penting lainnya.

(AGP)


Foto : Biro Perencanaan dan Humas
Penulis : AGP
Editor : is

Bagikan

Views: 89