08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

ANRI dan PT Pelindo Bersama Membangun Bangsa Melalui Arsip Kemaritiman dan Arsip Gender sebagai Memori Kolektif Bangsa

ANRI dan PT Pelindo Bersama Membangun Bangsa Melalui Arsip Kemaritiman dan Arsip Gender sebagai Memori Kolektif Bangsa

17

Jan 23

ANRI dan PT Pelindo Bersama Membangun Bangsa Melalui Arsip Kemaritiman dan Arsip Gender sebagai Memori Kolektif Bangsa

Jakarta - 17/01/23, Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) dan Umum PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo), Ihsanuddin Usman menyampaikan bahwa dilakukannya kolaborasi antara Pelindo dengan ANRI ialah untuk dapat menyampaikan informasi dan pemahaman yang benar kepada masyarakat Indonesia mengenai arsip kemaritiman dan arsip gender, serta meningkatkan kepedulian dan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya penyelamatan dan pelestarian arsip kemaritiman dan arsip gender sebagai memori kolektif bangsa. Hal tersebut disampaikan Direktur SDM dan Umum PT Pelindo pada saat memberikan sambutan mewakili Direktur Utama PT Pelindo, Arif Suhartono di acara Seminar Nasional bertajuk “Dharma Samudera Pejuang Wanita Negara Poros Maritim Dunia”, Selasa (17/01).

Menurutnya, kolaborasi kegiatan seminar nasional yang sangat bermanfaat ini merupakan sebuah kebanggaan bagi Pelindo. “Sejak diberlakukannya merger Pelindo pada 1 Oktober 2021 yang diresmikan oleh Bapak Presiden di Labuan Bajo pada 14 Oktober 2021, maka Pelindo sudah tidak lagi terbagi menjadi empat, melainkan menjadi satu kesatuan. Maka pada saat itu, Pelindo mendapatkan mandat dari Bapak Presiden dalam dua hal, antara lain untuk memperkuat daya saing negara dengan melakukan efisiensi dalam logistic cost dan yang kedua, menjadi penghubung negara dengan pelabuhan-pelabuhan sebagai Indonesia Maritim Gateway. Dalam konteks itu pula maka Pelindo melihat hubungan kerja sama dengan ANRI menjadi sangat siginifikan,” terang Ihsanuddin Usman dalam sambutannya. 

“Seperti yang disampaikan oleh Bapak Kepala ANRI, ada darurat kearsipan. Dan hal tersebut kami alami. Bagaimana kami mengalami kesulitan ketika terdapat hal-hal yang harus kami telusuri, yang terutama kami sebelumnya merupakan empat perusahaan yang memiliki pengelolaan arsip berbeda-beda,” ujarnya. 

“Sejak dua tahun ini dengan bimbingan ANRI maka kami sekarang sedang melakukan suatu proses mengoleksi, menata, mengalihmediakan arsip, dan bahkan telah berdiskusi untuk membangun gedung arsip bersama anak perusahaan kami di Ciawi,” tambah Direktur SDM dan Umum PT Pelindo ini. Pada akhirnya, Ihsanuddin Usman menyampaikan bahwa kegiatan ini menjadi wadah bagi PT Pelindo selaku Agent of Development dan ANRI untuk bersama-sama mengedukasi masyarakat memahami potensi-potensi, memberi manfaat, dan gairah kepada masyarakat untuk bersama-sama membangun bangsa.

Seminar dalam rangka memperingati Hari Dharma Samudera setiap tanggal 15 Januari ini merupakan sebuah upaya untuk memberikan bukti sejarah kepada masyarakat Indonesia mengenai peranan dan perjuangan wanita Indonesia dalam rangka meningkatkan harkat dan martabat kaum wanita Indonesia yang telah gigih berjuang dalam merebut, mempertahankan, dan mengisi kemerdekaan Indonesia dengan karya nyata. 

Acara yang diselenggarakan secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting serta Youtube Arsip Nasional RI dan secara luring di Ruang Serbaguna, Noerhadi Magetsari, ANRI pada 17 Januari 2023 juga merupakan salah satu upaya untuk mengolaborasikan terkait penggunaan kembali semangat sejarah maritim, mendaur ulang sejarah masa lalu untuk mengikat seluruh bangsa melalui memori kolektif bangsa poros maritim dunia melalui perjuangan para tokoh wanita kebanggaan bangsa.

( RRA )


Penulis : RRA
Editor : Sitty Annisaa

Bagikan

Views: 895