08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

ANRI Digitalisasi Arsip Statis Pura Mangkunegaran Surakarta

ANRI Digitalisasi Arsip Statis Pura Mangkunegaran Surakarta

02

Mar 20

ANRI Digitalisasi Arsip Statis Pura Mangkunegaran Surakarta

Perpustakaan Rekso Pustoko Pura Mangkunegaran Surakarta - 24/03/20, Surakarta (28/02) - Dalam rangka perlindungan, pengamanan, dan pelestarian arsip sebagai identitas dan jati diri bangsa, serta sebagai warisan budaya yang merupakan aset nasional dibidang budaya yang perlu dilestarikan sebagai bahan pertanggungjawabkan dalam kehidupan masyarakat, berbangsa dan bernegara kepada generasi mendatang, ANRI sebagai lembaga kearsipan nasional perlu mengambil langkah strategis untuk menyelamatkan arsip warisan budaya dengan melakukan preservasi melalui kegiatan alihmedia (digitalisasi) arsip peninggalan Keraton Kerajaan Nusantara.

Kegiatan Digitalisasi Arsip Keraton Nusantara di Pura Mangkunegaran Surakarta dilakukan oleh tim digitalisasi dipimpin oleh Direktur Preservasi, Kandar. Kegiatan berlangsung di Rekso Pustoko Pura Mangkunegaran dari tanggal 24 - 28 Februari 2020. Tim digitalisasi diterima oleh R. Ay. T. Th. Amani Pudjiastuti, sebagai Pelaksana Tugas Harian Rekso Pustoko Pura Mangkunegaran.

Pada kesempatan tersebut Direktur Preservasi juga menyampaikan betapa pentingnya penyelamatan dan pelestarian arsip warisan budaya kerajaan keraton nusantara untuk pengetahuan generasi mendatang. Adapun arsip yang didigitalisasi berupa Arsip Foto koleksi Rekso Pustoko Pura Mangkunegaran dari tahun 1880 - 1990 sebanyak 567 lembar foto. Kegiatan tersebut diakhiri dengan penyerahan berita acara serah terima hasil kegiatan digitalisasi arsip antara Direktu Preservasi dengan Pelaksana Tugas Harian Rekso Pustoko Pura Mangkunegaran.

Selain Kegiatan Digitalisasi Arsip Keraton Nusantara, tim membuka Stand LARASKA di Acara Rakornas Pengawasan Kearsipan Tahun 2020 di The Sunan Hotel selama dua hari. Banyak peserta yang berantusias meng-enkapsulasi arsip keluarga.

Kegiatan Digitalisasi Arsip Keraton/Kerajaan Nusantara merupakan Program Kerja Direktorat Preservasi Arsip dalam rangka penyelamatan dan pelestarian arsip warisan budaya yang dilakukan secara berkelanjutan.

( RW )


Penulis : RW

Bagikan

Views: 1001