08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

ANRI Gandeng DPKA Laksanakan Risk Assignment dan Bimtek Penyelamatan Arsip

ANRI Gandeng DPKA Laksanakan Risk Assignment dan Bimtek Penyelamatan Arsip ANRI Gandeng DPKA Laksanakan Risk Assignment dan Bimtek Penyelamatan Arsip ANRI Gandeng DPKA Laksanakan Risk Assignment dan Bimtek Penyelamatan Arsip ANRI Gandeng DPKA Laksanakan Risk Assignment dan Bimtek Penyelamatan Arsip

15

Mar 23

ANRI Gandeng DPKA Laksanakan Risk Assignment dan Bimtek Penyelamatan Arsip

Banda Aceh, 15/03/23 - Balai Arsip Statis dan Tsunami (BAST) Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) bersinergi dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh (DPKA) mengadakan Risk Assessment, Bimbingan Teknis dan Sosialisasi Kebijakan Penyelamatan dan Pelestarian Arsip di Gedung DPKA, Syiah Kuala, Banda Aceh. Kegiatan ini dihadiri Direktur Preservasi ANRI, Agus Santoso, Kepala DPKA, Edi Yandra dan arsiparis di lingkungan instansi vertikal yang ada di Aceh.

Agus Santoso mengungkapkan bahwa kegiatan ini sangat penting dilaksanakan karena Aceh merupakan daerah rawan bencana,  sehingga perlu diadakannya penyelamatan dan pelestarian arsip  secara berkelanjutan. Pada kesempatan yang sama, Agus juga menyampaikan materi "Kebijakan Preservasi Arsip Statis. Materi tersebut menekankan pada kebijakan, strategi, pengendalian terhadap potensi kerusakan arsip serta penyelamatan arsip terhadap bencana.

Sementara itu, Edi Yandra turut menyampaikan materi terkait "Kebijakan Penyelamatan dan Pelestarian Arsip". Edi Yandra menyampaikan bahwa DPKA terus berupaya melakukan penyelamatan arsip. Terkait dengan hal tersebut, DPKA kini mengembangkan aplikasi pencarian arsip yang dibagipakaikan ke kabupaten/kota untuk mendukung penyelamatan arsip di seluruh Aceh. Selain itu pembinaan serta sosialisasi dan publikasi dilaksanakan dalam rangka penekanan pentingnya arsip sebagai aset bangsa.

Selanjutnya, rangkaian kegiatan ini ditutup dengan demo penilaian kerusakan arsip kertas dan penyerahan cinderamata dari Direktur Preservasi kepada Kepala DPKA.

(wn/rs)


Penulis : wn / rs
Editor : tk

Bagikan

Views: 699