08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

ANRI Gelar Anugerah Bidang Kearsipan Tingkat Nasional Tahun 2015

ANRI Gelar Anugerah Bidang Kearsipan Tingkat Nasional Tahun 2015

17

Aug 15

ANRI Gelar Anugerah Bidang Kearsipan Tingkat Nasional Tahun 2015

Jakarta – Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Dr. Mustari Irawan memberikan anugerah kepada unit kearsipan, Lembaga Kearsipan Perguruan Tinggi (LKPT) dan Lembaga Kearsipan Daerah (LKD) terbaik serta arsiparis teladan tingkat nasional pada 17 Agustus 2015 di Hotel Red Top, jalan Pecenongan nomor 72, Jakarta Pusat. Kegiatan ini menjadi salah satu agenda rutin yang diselenggarakan ANRI dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-70 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Adapun peserta yang mengikuti seleksi pemilihan arsiparis teladan sebanyak 56 peserta yang terdiri dari  25 orang arsiparis tingkat keahlian dan 31 orang arsiparis tingkat keterampilan. Selain itu, terdapat pula 4 pengelola arsip di lingkungan Badan Usaha Milik Negara yang turut mengikuti anugerah pengelola arsip teladan. Dalam pemilihan ini, peserta mengikuti berbagai tahapan tes yang terdiri dari ujian tertulis, wawancara dan presentasi kinerja. Para peserta berasal dari perwakilan provinsi dan instansi pemerintah tingkat pusat.

Kegiatan pemilihan arsiparis dan pengelola arsip teladan tingkat nasional ini merupakan salah satu wujud peran serta ANRI dalam memberikan pembinaan terhadap sumber daya manusia (SDM) di bidang kearsipan yang diharapkan dapat terus meningkatkan kualitas SDM kearsipan khususnya arsiparis yang kompeten, handal, berdedikasi dan berkinerja baik. Selain itu, kegiatan pemilihan arsiparis teladan pun menjadi salah satu ajang untuk memberikan apresiasi kepada arsiparis atas pengabdian dan jasanya terhadap bidang profesi kearsipan. Dengan demikian para arsiparis teladan ini dapat dijadikan contoh keteladanannya untuk meningkatkan pengelolaan arsip.

Pada kategori pemilihan unit kearsipan terbaik diikuti 11 kementerian dan 8 Lembaga Pemerintah Nonkementerian (LPNK) yang mengikuti seleksi administrasi. Selanjutnya, dilaksanakan verifikasi lapangan dan pada 12 s.d 13 Agustus 2015 sebanyak 4 finalis dari kategori kementerian (terdiri dari Kementerian Luar Negeri, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Kesehatan) dan 3 finalis dari kategori LPNK (terdiri dari ANRI, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional, Mahkamah Konstitusi) melaksanakan penilaian dengan melakukan presentasi di ANRI. Untuk kategori LKPT, sebanyak 3 finalis (terdiri dari Universitas Gajah Mada, Universitas Sebelas Maret dan Universitas udayana) mengikuti penilaian presentasi dari 7 LKPT yang mengikuti seleksi administrasi.

Untuk pemilihan LKD terbaik dibagi berdasarkan wilayah binaan daerah yang dilaksanakan ANRI. Untuk wilayah binaan I meliputi Indonesia bagian tengah dan timur dan wilayah binaan II meliputi Indonesia bagian barat. Berdasarkan hasil seleksi administrasi dan telah dilakukan verifikasi lapangan, dari wilayah I (Tengah dan Timur) sebanyak 5 provinsi (terdiri dari: Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tengah) serta 5 kabupaten/kota (terdiri dari: Kab. Badung, Kab. Barru, Kab. Hulu Sungai Utara, Kab. Kotawaringin Barat dan Kota Ternate) lolos sebagai finalis LKD terbaik dan mengikuti penilaian presentasi pada 14 Agustus 2015 di ANRI. Sedangkan wilayah II (barat), sebanyak 5 provinsi (terdiri dari: Banten, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Barat, Jawa Timur dan Sumatera Barat) dan 5 kabupaten/kota (terdiri dari: Kab. Bangka Barat, Kab. Purwakarta, Kab. Purworejo, Kab. Sleman dan Kota Cilegon) lolos sebagai finalis LKD terbaik dan mengikuti penilaian presentasi pada 15 Agustus 2015 di ANRI.

Berikut adalah para pemenang unit kearsipan, LKPT dan LKD terbaik serta arsiparis dan pengeola arsip teladan tingkat nasional tahun 2015:

Unit Kearsipan Terbaik Kategori Kementerian:

No

Nama Kementerian

Juara

1

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI

I

2

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI

II

3

Kementerian Kesehatan RI

III

4

Kementerian Luar Negeri RI

Harapan I

Unit Kearsipan Terbaik Kategori Lembaga/LPNK:

No

Nama Lembaga/LPNK

Juara

1

Arsip Nasional Republik Indonesia

I

2

Mahkamah Konstitusi RI

II

3

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional

III

LKPT Terbaik:

No

Nama Perguruan Tinggi

Juara

1

Universitas Gajah Mada

I

2

Universitas Sebelas Maret

II

3

Universitas Udayana

III

LKD Provinsi Terbaik Wilayah I (Tengah dan Timur):

No

Nama Provinsi

Juara

1

Sulawesi Selatan

I

2

Kalimantan Timur

II

3

Kalimantan Barat

III

4

Sulawesi Tengah

Harapan I

5

Nusa Tenggara Timur

Harapan II

 

LKD Kabupaten/Kota Terbaik Wilayah I (Tengah dan Timur):

No

Nama Kabupaten/Kota

Juara

1

Kabupaten Badung

I

2

Kabupaten Hulu Sungai Utara

II

3

Kota Ternate

III

4

Kabupaten Barru

Harapan I

5

Kabupaten Kotawaringin Barat

Harapan II

LKD Provinsi Terbaik Wilayah II (Barat):

No

Nama Provinsi

Juara

1

Jawa Timur

I

2

Jawa Barat

II

3

Sumatera Barat

III

4

Daerah Istimewa Yogyakarta

Harapan I

5

Banten

Harapan II

LKD Kabupaten/Kota Terbaik Wilayah II (barat):

No

Nama Kabupaten/Kota

Juara

1

Kabupaten Sleman

I

2

Kabupaten Purworejo

II

3

Kabupaten Purwakarta

III

4

Kabupaten Bangka Barat

Harapan I

5

Kota Cilegon

Harapan II

Arsiparis Teladan Tingkat Keahlian:

No

Nama Arsiparis

Instansi

Juara

1

Drs. Bambang Parjono Widodo, M.Si.

Arsip Nasional Republik Indonesia

I

2

Irwan Permana, S.TP

Provinsi Jawa Barat

II

3

Lucki Engel Karwul, S.Hum.

Kementerian Pertanian

III

Arsiparis Teladan Tingkat Keterampilan:

No

Nama Arsiparis

Instansi

Juara

1

Ari Parwanti, S.Sos.

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah

I

2

Ahmad Kurniawan, A.Md.

Arsip Nasional Republik Indonesia

II

3

Eko Wahyudi, A.Md.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

III

Pengelola Arsip Teladan:

No

Nama Pengelola Arsip

Instansi

Juara

1

Firman Haris

PT. Bank Mandiri (Persero)

I

2

Tri Arso Purnomo

Bank Indonesia

II

3

Siti Fatimah Akradiani

Pembangkitan Jawa Bali

III

.Dalam sambutannya, Mustari juga berharap agar para pemenang ini semakin semngat untuk terus meningkatkan kualitasnya dan dapat menjadi contoh bagi yang lainnya. Rangkaian kegiatan ini diakhiri dengan diikutinya acara silaturahmi para teladan nasional dengan Presiden Republik Indonesia pada 18 Agustus 2015 yang juga sebagai agenda rutin peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI. (TK)


Bagikan

Views: 2546