08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI
ANRI GELAR PEKAN MEMORI KOLEKTIF BANGSA ANRI GELAR PEKAN MEMORI KOLEKTIF BANGSA ANRI GELAR PEKAN MEMORI KOLEKTIF BANGSA ANRI GELAR PEKAN MEMORI KOLEKTIF BANGSA

24

Aug 21

ANRI GELAR PEKAN MEMORI KOLEKTIF BANGSA

Jakarta - 24/08/21, Arsip Nasional Republik Indonesia menyelenggarakan Pekan Memori Kolektif Bangsa (MKB), 23-27 Agustus 2021. Dalam laporan Ketua Panitia Acara, Multi Siswati menyampaikan maksud dan tujuan diselenggarakannya Pekan Memori Kolektif Bangsa. “diselenggarakannya Pekan Memori Kolektif Bangsa yakni untuk mendapatkan gambaran kinerja layanan dan pemanfaatan arsip di lembaga kearsipan secara nasional sebagai memori kolektif bangsa dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik dalam pengelolaan dan pemanfaatan arsip”, ungkapnya.

Selain itu, Pekan Memori Kolektif Bangsa sebagai sarana berbagi ilmu pengetahuan mengenai penyusunan naskah sumber arsip dan pameran, mensosialisasikan Progam Register Arsip sebagai Memori Kolektif Bangsa ANRI, forum sharing session dari negara-negara yang telah menjalankan program serupa, serta katalisator bagi individu/lembaga yang menyimpan arsip untuk berpartisipasi dalam program MKB.

Sementara itu, Kepala ANRI, Imam Gunarto menyampaikan bahwa program MKB ini merupakan program unggulan ANRI. “Program MKB, merupakan salah satu program unggulan ANRI, yang meliputi rangkaian proses mitigasi, penilaian, penyelamatan, pelestarian, dan pelayanan serta registrasi arsip sebagai MKB”, tutur Imam Gunarto dalam sambutannya.

Lebih lanjut Imam Gunarto menyampaikan bahwa program MKB merupakan program kolaborasi yang bersifat nasional dan internasional, baik antar pemerintah, pemerintah dengan lembaga swasta, pemerintah dengan dunia usaha, dan pemerintah dengan masyarakat/perseorangan. Out come dari program ini adalah terwujudnya arsip sebagai identitas dan jati diri bangsa yang kuat.

Kegiatan Pekan Memori Kolektif Bangsa ini berlangsung selama lima (5) hari atau satu pekan dengan rangkaian kegiatan sebagai berikut:

1) Senin 23 Agustus 2021, Pemutaran Teaser Pameran Pemantik Arsip Kepresidenan  dengan tema “Merajut Legasi dalam Harmoni” melalui sarana Media Sosial ANRI, Twitter, Facebook, Instagram dan YouTube

2) Selasa 24 Agustus 2021, Penandatanganan Kerjasama dengan KAPOLRI, Penandatanganan Kerjasama ANRI dengan LAN, Pencanangan dan Pembangunan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM, Pemutaran video profil pembangunan zona integritas serta pemutaran  Teaser Pameran Virtual Pemantik Arsip Kepresidenan “Merajut Legasi dalam Harmoni”, dan Rakornas Sinkronisasi dan Harmonisasi Layanan dan Pemanfaatan Arsip Statis 

3) Rabu 25 Agustus 2021, Peluncuran Register Arsip sebagai Memori Kolektif Bangsa dilanjutkan  pemutaran video teaser dan webinar.

4) Kamis 26 Agustus 2021, Bimbingan Teknis Penyusunan Naskah Sumber 

5) Jumat 27 Agustus 2021, Talkshow Kupas Tuntas Khazanah Arsip “Inventaris Arsip Foto “Inventaris Arsip Foto Netherlands Indies Government Information Services (NIGIS) melalui YouTube ANRI.

Peserta MKB berasal dari Lembaga Kearsipan Propinsi. Kabupaten/Kota, Lembaga Kearsipan Perguruan Tinggi Negeri, Lembaga Negara , BUMN, serta Ormas dan Orpol. (is)

 

( is )


Penulis : is

Bagikan

Views: 1425