08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

ANRI Gelar Sosialiasi Aplikasi SRIKANDI bagi Pegawai di Lingkungan ANRI

ANRI Gelar Sosialiasi Aplikasi SRIKANDI  bagi Pegawai di Lingkungan ANRI ANRI Gelar Sosialiasi Aplikasi SRIKANDI  bagi Pegawai di Lingkungan ANRI ANRI Gelar Sosialiasi Aplikasi SRIKANDI  bagi Pegawai di Lingkungan ANRI ANRI Gelar Sosialiasi Aplikasi SRIKANDI  bagi Pegawai di Lingkungan ANRI ANRI Gelar Sosialiasi Aplikasi SRIKANDI  bagi Pegawai di Lingkungan ANRI ANRI Gelar Sosialiasi Aplikasi SRIKANDI  bagi Pegawai di Lingkungan ANRI ANRI Gelar Sosialiasi Aplikasi SRIKANDI  bagi Pegawai di Lingkungan ANRI

15

Mar 21

ANRI Gelar Sosialiasi Aplikasi SRIKANDI bagi Pegawai di Lingkungan ANRI

ANRI, Jakarta (15/03/2021) – Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI) untuk seluruh pegawai di lingkungan ANRI yang dilakukan secara virtual melalui zoom meeting pada Senin, 15 Maret 2021.

Sosialisasi Aplikasi SRIKANDI diikuti oleh sekitar empat ratus orang pegawai ANRI, dibuka dengan pemaparan laporan Tim Internal SRIKANDI yang diwakili oleh Kepala Biro Umum, Sarip Hidayat dan dilanjutkan dengan sambutan serta pembukaan oleh Sekretaris Utama ANRI, Imam Gunarto. 

Adapun narasumber dalam acara Sosialisasi Aplikasi SRIKANDI ini, antara lain Kepala Pusat Data dan Informasi ANRI, M. Imam Mulyantono, Direktur Kearsipan Pusat ANRI, Azmi dan Subkoordinator Kelompok Pengurusan Persuratan dan Arsip Aktif, Lufi Herawan.  Kegiatan sosialisasi yang merupakan rangkaian pembuka dalam pelaksanaan implementasi Aplikasi SRIKANDI di lingkungan ANRI ini dimoderatori oleh Koordinator Kelompok Substansi Arsip Dinamis, Dianyto Nugroho. 

Sekretaris Utama ANRI, Imam Gunarto menyatakan bahwa adanya implementasi Aplikasi SRIKANDI menjadi penting karena hal tersebut dapat menjadi tonggak sejarah bagi ANRI dalam penyelenggaraan sistem informasi kearsipan dinamis di lingkungan ANRI.

“ANRI sebagai pembina dalam bidang kearsipan harus dapat menjadi yang terdepan untuk menjalankan Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE),” jelas Imam Gunarto. “SRIKANDI merupakan kelanjutan dari Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD), yang sudah diujicobakan di lingkungan ANRI sejak tahun 2020 – beberapa bulan lalu – dengan SIKD yang masih kita gunakan. Aplikasi SRIKANDI ini kita gunakan untuk pembudayaan dan beralih ke sistem yang baru,” tambahnya.

Sosialisasi Aplikasi SRIKANDI dilakukan sebagai bagian dari pelaksanaan amanat Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang SPBE untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya. Dalam hal pelaksanaan SPBE, ANRI mewujudkannya dengan Aplikasi SRIKANDI, yang merupakan perpaduan dari praktik kearsipan dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Adanya penyelenggaraan SPBE dalam bidang kearsipan, kegiatan penyelenggaraan pemerintahan pada akhirnya dapat tersambung melalui pengunaan Aplikasi SRIKANDI di lingkungan instansi masing-masing dengan penyesuaian tertentu.

Dalam pemaparan beberapa narasumber terkait SRIKANDI, aplikasi ini ditetapkan agar setiap lingkungan Kementerian/Lembaga dapat menggunakan aplikasi umum dalam pengelolaan arsip dinamis di lingkungan instansi masing-masing. Kunci keberhasilan penerapan SRIKANDI terletak pada peran serta dan kolaborasi yang kuat dari seluruh stakeholder di lingkungan Kementerian/Lembaga yang bersangkutan. Sehingga, pada akhirnya aplikasi ini dapat memberikan manfaat dan dapat terintegrasi dengan baik untuk pelayanan kearsipan, baik internal maupun eksternal.

Pada akhirnya, Sekretaris Utama ANRI berharap agar SRIKANDI dapat diakses oleh seluruh pegawai ANRI dan implementasinya harus diiringi dengan berbagai inovasi, sehingga penerapan di lingkungan ANRI dapat menjadi contoh untuk Kementerian/Lembaga lainnya dalam penggunaan Aplikasi SRIKANDI.

( RRA )


Penulis : RRA
Editor : Sitty Annisaa

Bagikan

Views: 17059