08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

ANRI Menyelenggarakan Ekspose Arsip Sekretaiat Negara RI Tahun 1958 - 1968

ANRI Menyelenggarakan Ekspose Arsip Sekretaiat Negara RI Tahun 1958 - 1968

25

Nov 15

ANRI Menyelenggarakan Ekspose Arsip Sekretaiat Negara RI Tahun 1958 - 1968

Jakarta, (25/11) - Guna memperoleh masukan dari terkait dalam penyusunan Inventaris Arsip Sekretariat Negara RI, Direktorat Pengolahan Arsip, Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menggelar Ekspose Inventaris Arsip Sekretariat Negara Republik Indonesia Tahun 1959 - 1968. Acara yang diselenggarakan di Ruang Noerhadi Magetsari, ANRI, diikuti oleh 70 peserta yang berasal dari Unit Kearsipan Sekretariat Negara, Sekretariat Kementerian, Sekretariat Kabinet, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi, dan arsiparis ANRI.

Hadir pula menjadi Narasumber adalah Sari Haryati dari Sekretariat Negara RI , yang dilanjutkan dengan pemaparan mengenai Kebijakan dan Strategi Pengolahan Arsip Sratis Sekneg oleh Direktur Pengolahan, Azmi, dan pemaparan mengenai teknis penyusunan Inventaris Sekretariat Negara RI Tahun 1959 – 1968 oleh Retno Wulandari.

Dalam laporan Ketua Panitia yang disampaikan oleh Kepala Sub Direktorat Pengolahan I, Retno Wulandari menyampaikan tujuan diselenggarakannya acara ekspos. “Tujuan kegiatan ini untuk melakukan evaluasi Inventaris Arsip Setneg sebagai sarana bantu penemuan kembali agar arsip yang tersimpan di ANRI dapat dimanfaatkan oleh pengguna dengan mudah dan dapat bercerita mengenai sejarah Indonesia.” Lebih lanjut Rini menambahkan bahwa hal ini sebagai pelaksanaan amanat Undang-undang no 43 Tahun 2009 Pasal 19 ayat 2 mengenai kewajiban pengelolaan arsip statis berksala nasional yang diterima dari lembaga negara.

Acara ekspose ini dibuka langsung Kepala ANRI, Mustari Irawan. Saat menyampaikan arahan, Mustari Irawan menyampaikan pentingnya pengelolaan arsip dilingkungan Sekretariat Negara. Ditambahkan pula bahwa, “ANRI saat ini telah mengelola Arsip Setneg tahun 1945 – 1949 dan Arsip Sekretariat Negara Yogyakarta 1949 – 1950. Arsip ini menjadi penting sekali dalam sejarah perjalanan bangsakarena dapat mengungkapkan tentang penyelenggaraan negara yang mengalami perubahan. Dari Negara Kesatuan menjadi Republik Serikat dan kembali menjadi Negara Kesatuan.” (HR)


Bagikan

Views: 2383