08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

ANRI Selenggarakan Bimbingan dan Konsultasi bagi SDM Kearsipan di Perguruan Tinggi Tahun 2023

ANRI Selenggarakan Bimbingan dan Konsultasi bagi SDM Kearsipan di Perguruan Tinggi Tahun 2023 ANRI Selenggarakan Bimbingan dan Konsultasi bagi SDM Kearsipan di Perguruan Tinggi Tahun 2023 ANRI Selenggarakan Bimbingan dan Konsultasi bagi SDM Kearsipan di Perguruan Tinggi Tahun 2023 ANRI Selenggarakan Bimbingan dan Konsultasi bagi SDM Kearsipan di Perguruan Tinggi Tahun 2023 ANRI Selenggarakan Bimbingan dan Konsultasi bagi SDM Kearsipan di Perguruan Tinggi Tahun 2023

25

Oct 23

ANRI Selenggarakan Bimbingan dan Konsultasi bagi SDM Kearsipan di Perguruan Tinggi Tahun 2023

Jakarta, (25/10/2023) – Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) melalui Direktorat SDM Kearsipan dan Sertifikasi selenggarakan Bimbingan dan Konsultasi Sumber Daya Manusia (SDM) Kearsipan Angkatan IV Tahun 2023 secara daring melalui Zoom Cloud Meeting. Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari mulai 25 s.d. 26 Oktober 2023 yang diikuti Pejabat Fungsional Arsiparis dan pegawai/pejabat yang memiliki tugas dan fungsi di bidang kearsipan, kepegawaian dan organisasi di lingkungan perguruan tinggi se-Indonesia. Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan Bimbingan dan Konsultasi SDM Kearsipan Angkatan IV Tahun 2023 mencapai 260 orang.

Bimbingan dan Konsultasi SDM Kearsipan Angkatan IV Tahun 2023 diawali dengan laporan penyelenggaraan kegiatan oleh Arsiparis Madya selaku Ketua Tim Peningkatan Kapasitas Aparatur Negara, Erni Budiyanti dan dibuka secara resmi oleh Direktur SDM Kearsipan dan Sertifikasi ANRI, Andi Abubakar. Kegiatan Bimbingan dan Konsultasi SDM Kearsipan Angkatan IV ini merupakan angkatan terakhir dalam rangkaian peningkatan kompetensi SDM Kearsipan tahun 2023 yang diselenggarakan oleh ANRI.

Materi hari ke-1 dalam kegiatan Bimbingan dan Konsultasi SDM Kearsipan Angkatan IV Tahun 2023 yakni Materi Perhitungan Kebutuhan Jabatan Fungsional Arsiparis (JFA) yang disampaikan Arsiparis Ahli Muda, Siti Rubiati. Selanjutnya Materi Teknis Registrasi pada Sistem Informasi Jabatan Fungsional Arsiparis (SiARSIPARIS) yang disampaikan Arsiparis Ahli Pertama, Akhmad Kurniawan. Pada hari ke-1 ditutup dengan penyampaian ateri Sosialiasasi Peraturan Badan Kepegawaian Negara (BKN) Nomor 3 Tahun 2023 tentang Angka Kredit, Kenaikan Pangkat dan Jenjang Jabatan Fungsional oleh Analis Jabatan Pertama BKN, Nevia Herdianti. Pada hari ke-2, materi yang disampaikan yakni Sharing Session Arsiparis Teladan Nasional Tahun 2023, Inovasi di Bidang Kearsipan yang disampaikan Juara II Arsiparis Teladan Nasional Tahun 2023 Kategori Keterampilan, Fransiska Murni, dan materi Sosialisasi Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 10 Tahun 2022 tentang Standar Kompetensi Jabatan Fungsional Arsiparis oleh Arsiparis Ahli Pertama, Layla Rahmadanty.

Kegiatan Bimbingan dan Konsultasi SDM Tahun 2023 ini dimaksudkan untuk menyamakan serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan para pejabat di bidang kearsipan, kepegawaian, organisasi, dan pejabat fungsional arsiparis terkait dengan dinamisasi regulasi tentang jabatan fungsional, meningkatkan manajemen JFA berbasis SiARSIPARIS. Selain itu, juga bertujuan menjamin terlaksananya tugas dan fungsi ANRI sebagai Instansi Pembina JFA, menjamin terselenggaranya manajemen JFA di instansi pemerintah pengguna JFA serta menjamin terwujudnya peningkatan pengetahuan dan kemampuan para SDM kearsipan, khususnya arsiparis.

Berdasarkan hasil pengukuran pemahaman dan pengetahuan peserta melalui perbandingan antara nilai pre-test dengan nilai post-test, terjadi peningkatan pemahaman dan pengetahuan sebesar kurang lebih 20%. Kegiatan Bimbingan dan Konsultasi SDM Kearsipan untuk tahun mendatang diharapkan mampu memberikan input yang positif kepada para SDM Kearsipan terutama terkait kebijakan seputar JFA yang dinamis.

(Rb)


Penulis : Rb
Editor : tk

Bagikan

Views: 266