08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

ANRI Selenggarakan Rakornas Layanan dan Pemanfaatan Arsip Statis

ANRI Selenggarakan Rakornas Layanan dan Pemanfaatan Arsip Statis ANRI Selenggarakan Rakornas Layanan dan Pemanfaatan Arsip Statis

04

Nov 22

ANRI Selenggarakan Rakornas Layanan dan Pemanfaatan Arsip Statis

Jakarta - 03/11/22 - Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menyelenggarakan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Layanan dan Pemanfaatan Arsip Statis secara daring, Kamis (3/11). Rakornas dibuka oleh Deputi Bidang Konservasi Arsip, Kandar dan diikuti oleh 100 orang peserta yang berasal dari Lembaga Kearsipan tingkat Provinsi dan Kota di seluruh Indonesia.

Dalam sambutan dan pembukaan acara, Deputi Bidang Konservasi Arsip, Kandar menyampaikan bahwa lembaga kearsipan wajib menjamin kemudahan akses arsip bagi kepentingan pengguna arsip. Keberhasilan peningkatan pelayanan kepada masyakarat ditandai dengan peningkatan pengguna layanan dan pemanfaatan arsip statis sebagai memori kolektif dan jati diri secara nasional.

“Kita paham bahwa arsip tidak hanya diolah dan dilestarikan saja, tetapi arsip tersebut harus dilayankan ke publik untuk dimanfaatkan seluas-luasnya, untuk kepentingan penelitian atau ilmu pengetahuan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” papar Deputi Bidang Konservasi Arsip, Kandar.

Dalam Rakornas turut hadir Direktur Layanan dan Pemanfaatan ANRI, Multi Siswati yang menyampaikan materi Sinkronisasi dan Harmonisasi Layanan dan Pemanfaatan Arsip Statis Nasional, Asisten Deputi Perumusan Sistem dan Strategi kebijakan Pelayanan Publik Kementerian PANRB, Muhammad Yusuf Kurniawan yang memaparkan tentang Peningkatan Kinerja Layanan Publik. Setelah itu, dilanjutkan dengan pemaparan inovasi layanan arsip statis Provinsi Jawa Timur oleh Ir. Tiat S. Suwardi, pemaparan mengenai Pemanfaatan Arsip untuk Sumber Penelitian, serta pemaparan tentang Pendataan Arsip Statis Nasional oleh Koordinator Kelompok Substansi Penyimpanan Arsip ANRI, Dhani Sugiharto.

Rakornas Layanan dan Pemanfaatan Arsip Statis merupakan rangkaian kegiatan pada hari pertama. Adapun kegiatan di hari kedua akan diselenggarakan bimbingan teknis pameran, naskah sumber serta pendataan arsip statis nasional pada 4 November 2022. (sa)


Penulis : sa

Bagikan

Views: 943