08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI
ANRI Serahkan Citra Daerah Kabupaten Belitung ANRI Serahkan Citra Daerah Kabupaten Belitung

25

Dec 22

ANRI Serahkan Citra Daerah Kabupaten Belitung

Belitung - 23/12/22 - Deputi Bidang Konservasi Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Kandar menyerahkan  Citra Daerah Kabupaten Belitung kepada Bupati Belitung, Sahani Saleh. Acara serah terima dilakukan di Ruang Sidang Pemerintah Kabupaten Belitung pada hari Jumat, 23 Desember 2022.

Dalam sambutan Kepala ANRI yang dibacakan oleh Deputi Bidang Konservasi ANRI, Kandar memaparkan bahwa penyerahan citra daerah ini merupakan program ANRI dalam rangka menambah wawasan dan ilmu pengetahuan mengenai khazanah arsip statis yang tersimpan di ANRI mengenai perjalanan sejarah Kabupaten Belitung.

“Citra daerah merupakan suatu kolaborasi antara ANRI, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Belitung, dan sejarawan dari Kabupaten Belitung. Program ini sangat berpotensi menghasilkan sebuah mozaik sebagai upaya mengungkapkan kembali memori kolektif daerah yang terekam,” ujar Kandar.

Sementara itu Bupati Belitung, Sahani Saleh, mengatakan penerimaan Citra Daerah ini juga merupakan sebuah tantangan bagi Pemerintah Kabupaten untuk menjaga dan melestarikannya. “Arsip citra daerah sangat berharga, dan merupakan warisan nasional yang perlu dipelihara dan dilestarikan dari generasi ke generasi," jelas Bupati Belitung, H. Sahani Saleh. 

Penyusunan Buku Citra Daerah Kabupaten Belitung penting untuk dilaksanakan sebab banyak sejarah penting yang harus disampaikan dan diketahui oleh khalayak agar semangat untuk membangun daerah terus meningkat, serta menjadi upaya untuk menghormati setiap jasa-jasa para pemimpin maupun masyarakat yang telah memberikan sumbangsih penuh demi kemajuan Kabupaten Belitung.Tentunya, sejarah berperan besar dalam membentuk jati diri bangsa dan arsip memiliki peran penting, ketika kehadiran arsip itu memantik ingatan kolektif yang dapat digunakan untuk membentuk identitas bersama. Dengan membaca sejarah yang ada pada Buku Citra Daerah, masyarakat sadar akan perjalanan sejarahnya dan merasa diikat oleh suatu pengalaman bersama.

"Untuk itu, atas nama Pemerintah Kabupaten Belitung saya menyambut baik dan memberikan apresiasi kepada Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Lembaga Kearsipan Daerah Kabupaten Belitung, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Belitung, serta pihak yang terkait atas disusunnya Buku Citra Daerah Kabupaten Belitung," ungkap Sahani.

Lebih lanjut Sahani menambahkan bahwa dengan sinergitas bersama, seluruh koleksi kearsipan terkait Kabupaten Belitung dapat terangkum dengan baik sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Sehingga pada akhirnya Buku Citra Daerah menjadi media yang dapat mengkomunikasikan kepada pembaca khususnya generasi muda, bagaimana upaya bersama dalam membentuk citra positif daerah hingga berada pada kemajuan pembangunan dalam upaya mewujudkan ekonomi yang berkeadilan berdaya saing dan inovatif di Kabupaten Belitung.

Selain menerima citra daerah, Bupati Belitung juga menandatangani Pencanangan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA) Penandatangan pernyataan komitmen mendukung GNSTA oleh Bupati Belitung dan Kepala Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Belitung, Paryanta, disaksikan oleh Deputi Bidang Konservasi Arsip, ANRI.

-BNY-

 

( BNY )


Penulis : BNY

Bagikan

Views: 617