08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI
ANRI Terima Arsip COVID-19 dari Kemendag ANRI Terima Arsip COVID-19 dari Kemendag ANRI Terima Arsip COVID-19 dari Kemendag

17

May 22

ANRI Terima Arsip COVID-19 dari Kemendag

Pekanbaru (17/5/2022) - Sebagai wujud komitmen pencipta arsip dalam penyelamatan arsip Corona Virus Disease (COVID-19), Kementerian Perdagangan (Kemendag) menyerahkan arsip COVID-19 kepada Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). Arsip COVID-19 tersebut diserahkan Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kemendag, Veri Anggrijono kepada Kepala ANRI, Imam Gunarto.

 

Penyerahan arsip dilaksanakan pada acara Rapat Koordinasi Nasional Bidang Kearsipan Tahun 2022 dalam rangka peringatan Hari Kearsipan ke-51 di Hotel Pangeran, Pekanbaru, Riau.

 

“Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan ANRI terhadap Kemendag yang telah diberi kesempatan untuk berpartisipasi dengan penyerahan arsip dalam rangka peringatan Hari Kearsipan ke-51. Sebelumnya, Kemendag telah menyerahkan arsip statis sebanyak dua kali, yaitu tahun 2021 dan 2022. Dan pada tahun 2022 ini, Kementerian Perdagangan telah meyerahkan arsip COVID-19,” jelas Veri.

 

Adapun arsip COVID-19 yang diserahkan Kemendag merupakan Peraturan Menteri Perdagangan mengenai refocusing kegiatan dan realokasi anggaran untuk percepatan penanganan COVID-19, larangan sementara alat kesehatan, dan ketentuan impor dalam masa pandemi, dan sejenisnya.

 

Penyerahan arsip COVID-19 oleh instansi pemerintah kepada lembaga kearsipan merupakan amanat Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 62 Tahun 2020 tentang Penyelamatan Arsip Penanganan COVID-19 dalam Mendukung Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah. Nantinya, rekaman cara instansi pemerintah dalam penanganan COVID-19 menjadi warisan dokumenter dalam konteks pengurangan manajemen risiko bencana. Warisan dokumenter tersebut merupakan sumber daya penting untuk memberikan perspektif historis tentang upaya pemerintah maupun masyarakat dalam penanganan pandemi COVID-19. (tk)

 

( tk )


Penulis : tk

Bagikan

Views: 1744