08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

ANRI Terima Kunjungan Peserta Diklat Badan Pembinaan Ideologi Pancasila

ANRI Terima Kunjungan Peserta Diklat Badan Pembinaan Ideologi Pancasila ANRI Terima Kunjungan Peserta Diklat Badan Pembinaan Ideologi Pancasila ANRI Terima Kunjungan Peserta Diklat Badan Pembinaan Ideologi Pancasila ANRI Terima Kunjungan Peserta Diklat Badan Pembinaan Ideologi Pancasila ANRI Terima Kunjungan Peserta Diklat Badan Pembinaan Ideologi Pancasila

31

Jan 24

ANRI Terima Kunjungan Peserta Diklat Badan Pembinaan Ideologi Pancasila

Jakarta - 31/01/2024, Kepala Pusat Studi Arsip Kepresidenan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Mira Puspita Rini didampingi oleh Direktur Pengolahan Arsip, Wiwi Diana Sari menerima secara resmi kunjungan kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Pengajar Diklat Pembinaan Ideologi Pancasila (PIP) Tingkat Dasar dan Menengah bagi Calon Maheswara Pratama dan Maheswara  Madya Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Kegiatan tersebut dipimpin oleh Direktur Pelaksana Diklat BPIP, Sadono Sriharjo.

Dalam penjelasannya, Wiwi mengatakan bahwa arsip berfungsi sebagai nilai pembuktian secara nasional dan arsip memiliki nilai prinsip atau karakter. Selain itu itu, Wiwi juga menyampaikan tentang memori kolektif bangsa yang berguna untuk membantu masyarakat secara bersama-sama dalam merawat solidaritas dan komunikasi sosial demi keutuhan suatu bangsa. 

Sementara itu, Mira Puspita Rini dalam paparannya menyampaikan bahwa ANRI mengumpulkan arsip-arsip yang berkaitan dengan Pancasila. ANRI tidak hanya mengumpulkan arsip-arsip sejarah nasional, namun juga memiliki program kunjungan ke sekolah, ke perguruan tinggi. Hal ini untuk memberi pemahaman tentang arsip sekaligus ajakan kepada siswa dan mahasiswa untuk menggunakan arsip sebagai sumber penulisan artikel dan tugas tugas sekolah.

Para peserta kemudian melaksanakan kunjungan ke beberapa fasilitas kearsipan ANRI, di antaranya ke Depot Penyimpanan Arsip dan Diorama Sejarah Perjalanan Bangsa. Kunjungan ini tidak hanya dalam rangka mengetahui lebih dekat tentang khazanah arsip yang tersimpan di ANRI, namun juga untuk mengetahui pengelolaan arsip yang baik dan benar.


Foto : Humas ANRI
Penulis : md/anh
Editor : sa

Bagikan

Views: 302