08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI
ANRI Terima Sertifikat Pantun UNESCO ANRI Terima Sertifikat Pantun UNESCO

12

Aug 22

ANRI Terima Sertifikat Pantun UNESCO

Jakarta (12/8/2022) - Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menerima Sertifikat Pantun UNESCO dalam kategori Representative List of
Intangible Cultural Heritage. Sertifikat tersebut diterima oleh Kepala ANRI, Imam Gunarto di Kantor Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Jakarta, 12 Agustus 2022.

Pantun sebagai salah satu Warisan Budaya Takbenda (WBTb) Indonesia dan Malaysia telah masuk dalam daftar Intangible Cultural Heritage UNESCO dalam kategori Representative List of Intangible Cultural Heritage, sebagai multinational nomination melalui sidang ke15 secara daring (dalam jaringan) pada tanggal 14-18 Desember 2020.


Dengan ditetapkannya Pantun, maka Indonesia telah memiliki 10 elemen budaya dalam Daftar Warisan Budaya Takbenda UNESCO, yaitu Wayang, Keris, Batik, Angklung, Tari Saman, Noken, Tiga Genre Tari Bali, Pinisi, Pencak Silat di tambah satu program yaitu Pendidikan dan Pelatihan Batik di Museum Batik Pekalongan (2009).

Pantun merupakan warisan budaya takbenda pertama yang diusulkan bersama dengan negara lain dengan tujuan saling menghormati dan merupakan mekanisme penting untuk mempromosikan kerja sama Internasional.

( is )


Penulis : is
Editor : Sitty Annisaa

Bagikan

Views: 1248