08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

ANRI – UIN Jakarta Tanda Tangani Kerja Sama tentang Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat di Bidang Kearsipan

ANRI – UIN Jakarta Tanda Tangani Kerja Sama tentang Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat di Bidang Kearsipan ANRI – UIN Jakarta Tanda Tangani Kerja Sama tentang Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat di Bidang Kearsipan ANRI – UIN Jakarta Tanda Tangani Kerja Sama tentang Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat di Bidang Kearsipan ANRI – UIN Jakarta Tanda Tangani Kerja Sama tentang Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat di Bidang Kearsipan

19

Dec 23

ANRI – UIN Jakarta Tanda Tangani Kerja Sama tentang Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat di Bidang Kearsipan

Jakarta - 19/12/2023, Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta sepakat menandatangani Kesepahaman Bersama tentang Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat di Bidang Kearsipan. Penandatanganan tersebut dilakukan secara langsung oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala ANRI, Imam Gunarto dan Rektor UIN Syrif Hidayatullah Jakarta, Prof. Asep Saepudin Jahar.

Dalam sambutannya, Plt. Kepala ANRI, Imam Gunarto menyampaikan apresiasi kepada UIN Syarif Hidayatullah Jakarta atas kerja sama yang disepakati dalam rangka ikut membangun kearsipan nasional. Harapannya dengan adanya kerja sama ini, para pihak akan lebih bersinergi dan berkolaborasi dalam berbagai kegiatan, khususnya terkait penelitian sejarah peradaban Islam di Indonesia. Tidak diragukan lagi bahwa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta memiliki banyak pakar dan ahli untuk menghasilkan produk penelitian berbasis arsip.

Imam Gunarto juga menyampaikan bahwa ANRI pada bulan Juli 2023 telah menginisasi pembentukan Forum Kerja Sama Arsip Nasional Negara – Negara berpenduduk Mayoritas Muslim dan berhadap UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dapat ikut berkontribusi dalam forum tersebut.

Sementara itu, Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Prof. Asep Saepudin Jahar, juga menyampaikan ucapan terima kasih atas ditandatanganinya kerja sama yang sangat penting ini. Selain dalam rangka mendukung program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), diharapkan melalui kerja sama ini juga semakin meningkatkan kesadaran pentingnya arsip. Sebab, melalui arsip dapat dijadikan sebagai referensi dalam merumuskan kebijakan saat ini dan yang akan datang. “Kami rasanya juga perlu mengetahui sejarah dibalik berubahnya nama IAIN menjadi UIN, serta tujuan awal dari berdirinya UIN itu sendiri,” jelas Asep.

Kerja sama yang disepakati antara ANRI – UIN Syarif Hidayatullah Jakarta antara lain terkait MBKM; pembedayaan lembaga kearsipan perguruan tinggi; pengembangan SDM; penyelamatan, pelestarian dan peningkatan akses arsip statis; kolaborasi riset dan kajian ilmiah; serta penyelenggaraan Sistem Informasi Kearsipan Nasional dan Jaringan Informasi kearsipan Nasional.


Foto : Humas ANRI
Penulis : AGP
Editor : sa

Bagikan

Views: 258