08.00 WIB - 15.00 WIB
Jl. Ampera Raya No. 7 Jakarta
Logo ANRI

BAST ANRI Resmikan POCADI dan Luncurkan Website Akses Arsip Kebencanaan

BAST ANRI Resmikan POCADI dan Luncurkan Website Akses Arsip Kebencanaan BAST ANRI Resmikan POCADI dan Luncurkan Website Akses Arsip Kebencanaan BAST ANRI Resmikan POCADI dan Luncurkan Website Akses Arsip Kebencanaan BAST ANRI Resmikan POCADI dan Luncurkan Website Akses Arsip Kebencanaan

20

Dec 22

BAST ANRI Resmikan POCADI dan Luncurkan Website Akses Arsip Kebencanaan

Aceh - 14/12/22 - Balai Arsip Statis dan Tsunami (BAST) Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) meresmikan Pojok Baca Digital (POCADI) dan meluncurkan website Akses Arsip Kebencanaan BAST, Rabu, 14 Desember 2022.

Sekretaris Utama ANRI, Rini Agustiani, dalam sambutannya, mengatakan bahwa kehadiran POCADI di BAST sangat penting untuk meningkatkan minat baca masyarakat yang berkunjung ke BAST, karena selain dapat mengakses arsip juga dapat memanfaatkan POCADI sebagai sumber informasi dan Ilmu Pengetahuan.

Selain itu, web BAST yang ikut diresmikan diharapkan pula dapat menjadi sumber informasi bagi para pengguna dan masyarakat. Tentunya, web ini akan terus dikembangkan lebih baik lagi sehingga masyarakat mendapatkan kemudahan dalam melakukan pencarian informasi dari arsip yang dibutuhkan.

Sementara itu, Sekretaris Utama Perpusnas RI, Ofi Sofiana menyampaikan bahwa bantuan POCADI dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas) merupakan kolaborasi yang harmonis antara Perpusnas dan ANRI yang memiliki tugas bersama mencerdaskan dan menyelamatkan bangsa.

Kegiatan ini dihadiri oleh para delegasi SARBICA (Southeast Asia Regional Branch of International Council on Archives), Kepala ANRI, Imam Gunarto, bersama para pejabat di lingkungan ANRI, Kepala ANRI periode 1998 - 2003, Mukhlis Paeni, Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia yang diwakili oleh Sekretaris Utama, Ofy Sofiana serta Perwakilan lembaga vertikal Aceh terkait.

POCADI merupakan hibah atau bantuan Perpustakaan Nasional RI yang diperuntukkan untuk tempat membaca yang menyediakan berbagai koleksi buku baik berbentuk cetak maupun digital. Prinsip dasarnya yaitu memperluas layanan perpustakaan agar dapat dinikmati di pusat-pusat kegiatan masyarakat.

Website Akses Arsip Kebencanaan sendiri dibentuk dengan tujuan memberikan layanan terpadu untuk mempermudah pengguna memanfaatkan sumber daya informasi terkait dengan Arsip Kebencanaan. 

Diharapkan dengan kehadiran POCADI di BAST dan website Akses Arsip Kebencanaan dapat memaksimalkan pelayanan publik BAST sehingga memberikan manfaat kepada masyarakat luas.

( Sr )


Penulis : Sr

Bagikan

Views: 721